Mar 012017
 

WASHINGTON – US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) telah memutuskan untuk membatalkan Permintaan Proposal bulan Agustus 2016 untuk daur ulang komersial bagian non-nuklir dari kapal induk USS Enterprise (CVN 65) yang telah dipensiunkan, belum ada tindakan yang diambil hingga saat ini.

US Navy telah mengidentifikasi bahwa mereka memerlukan informasi lebih lanjut untuk menentukan pendekatan dalam pembuangan CVN 65, termasuk reaktor pembangkit, yang mana dilaksanakan lebih teknis, tanggung jawab terhadap lingkungan dan pemanfaatan sumber daya secara efektif bagi Angkatan Laut.

Belum Ada Keputusan Yang Diambil

Alternatif pembuangan nosional untuk USS Enterprise (CVN 65), kapal induk bertenaga nuklir pertama di dunia, termasuk daur ulang komersial bagian non-nuklir dari kapal tersebut diikuti oleh kemasan kompartemen reaktor di Puget Sound Naval Shipyard dan Fasilitas Pemeliharaan Menengah (PSN & IMF) atau daur ulang komersial seluruh kapal, yang meliputi pembongkaran delapan pembangkit reaktor nuklir.

US Navy juga sedang mempertimbangkan pilihan ketiga yang mengevaluasi untuk menempatkan CVN 65 dalam penyimpanan jangka menengah selama sekian tahun dan menunda keputusan pembuangan untuk dilaksanakan di kemudian hari.

Ketersediaan inaktivasi CVN 65 di Newport News Shipbuilding (NNS) harus diputuskan pada bulan Agustus 2017, dan kemudian CVN 65 akan ditempatkan ke dalam penyimpanan sementara sampai waktu pembuangan ditentukan. Angkatan Laut AS saat ini bekerja untuk mengidentifikasi lokasi penyimpanan.

Menyiapkan Analisa Dampak Lingkungan

Angkatan Laut AS akan menyiapkan Analisa Dampak Lingkungan (ANDAL, EIS – Environmental Impact Statement) sesuai dengan Undang-Undang Kebijakan Lingkungan Nasional untuk mengevaluasi potensi dampak lingkungan terkait dengan masing-masing alternatif yang dipertimbangkan.

Proses EIS (ANDAL) akan mencakup pelaksanaan rapat publik dan menjamin Angkatan Laut AS memiliki kesempatan untuk memahami kekhawatiran masyarakat dengan alternatif yang ada. Angkatan Laut AS bekerja demi menerbitkan Pemberitahuan Niat EIS sesegera mungkin.

Aspek-aspek lain yang terkait dengan alternatif tersebut, termasuk pelaksanaan, biaya, dan pertimbangan peraturan akan terus dievaluasi secara paralel dengan penyusunan EIS.

Angkatan Laut AS mengambil langkah-langkah untuk memastikan CVN 65 didaur ulang dengan biaya yang efektif dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Mengingat kompleksitas isu yang terlibat dalam proses daur ulang USS Enterprise (CVN 65), Angkatan Laut AS tetap berkomitmen agar proses sepenuhnya terbuka dan dapat melakukan pembuangan pertama kali dari kapal induk bertenaga nuklir.

Defense Aerospace

Artikel Terkait :

  14 Responses to “US Navy, “USS Enterprise Harus di Apakan Setelah Pensiun?””

  1. Met siang setengah sore….

  2. Harus diapakan ?

    ambil reaktornya.

    Lalu hibahkan kapal tanpa reaktor itu ke RI.

    kemudian RI tarik kapal itu ke wilayah RI dekat pantai sebuah pulau tak berpenghuni.

    lalu tinggal diberi tiang2 pancang untuk menopang bekas kapal induk itu. Beri juga generator atau turbin sebagai pembangkit listriknya.

    Jadilah military base rig lengkap dengan radar, landasan udara, hangar, rumah sakit, asrama, markas dan dermaga.

    Mudah khan ?

    Xixixixixi

  3. Biar bumi aman, reaktornya kirim aja jadi sampah antariksa

  4. Lbh baik jgn dibuang bung, kasih aja sm yg mau minta hibah kapal induk ini, ga perlu byr gratis drpd dibuang, biar aja mrk mau bikin sesuatu dr barang bekas kek, mau di pakai rumah apung kek,mau di pake restoran tengah laut kek…..masaaa bodooooo!!,,,, ayo sapa yg mau beli kapal induk bekas gratis sebelum dilakukan pembuangan….

  5. berikan ke saya saja…di jamin 1 bulan sudah rata….habis semua besinya…sampai kulit-kulit kabelnya…hahah….medure tak iye….

  6. Hibahken aja ke RI, beres toh? 😀 😛 😀

  7. Paling gampang..ambil reaktornya..jadikan museum..

  8. Hibah hibah ndasmu, makan tu barbek ampe abis!!!! Indonesia ga terima barang bekas lg apalgi hibah pake byr….kapal usang!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)