Jan 072017
 

Konsep pesawat tempur masa depan yang menggunakan senjata laser untuk menghancurkan rudal yang datang (Sumber: Northrop Grumman)

Angkatan Udara AS (USAF) telah mengeluarkan permintaan untuk proposal (RFP) terkait dengan upaya untuk sistem perlindungan diri berbasis laser bagi pesawat tempur taktis.

RFP, diposting oleh Air Force Research Laboratory, Kepala Direktorat Energi, Divisi Laser (AFRL / RDL) di situs Federal Business Opportunities (FedBizOpps) pada tanggal 5 Januari 2016, mencari proposal penelitian proyek Laser Advancements for Next-generation Compact Environments (LANCE) untuk layanan, pada integrasi senjata laser defensif yang dapat diarahkan serta dipasang pada pesawat tempur saat ini dan masa depan.

“Tujuan dari LANCE adalah untuk melakukan penelitian dan pengembangan dalam kegiatan yang diperlukan untuk merancang, membuat, dan memberikan senjata laser kuat berdaya tinggi yang handal untuk diintegrasikan dalam struktur aerodinamis yang dapat digunakan selama uji penerbangan pada pesawat taktis untuk riset pertahanan Tahap II dari Self-protect High Energy Laser Demonstrator (SHiELD) Advanced Technology Demonstration (ATD)”, tulis ajakan Angkatan Udara AS.

Pada tahap ini AFRL/RDL mencari penelitian dan pengembangan solusi inovatif untuk memajukan teknologi laser tercanggih, menunjukkan kinerja, dan menilai utilitas operasional yang kompak, kuat, laser berkekuatan tinggi dalam semua potensi masuknya geometri ancaman pada pesawat terbang taktis transonik melalui rezim yang berpotensi supersonik.

Ruang lingkup penelitian dan pengembangan termasuk desain, fabrikasi, dan dokumentasi dari subsistem laser baru yang pas dengan ukuran dan persyaratan massa integrasi struktur aerodinamis SHIELD. Laser akan ditempatkan pada sebuah pod penerbangan supersonik yang dikembangkan dalam kontrak Laser Pod Research and Development (LPRD).

Sebagaimana dicatat oleh AFRL/RDL, pemerintah AS mengantisipasi pendekatan dua-tahap dalam upaya SHIELD ATD. Tahap pertama terdiri dari tes laser berdaya rendah dan demonstrasi kinerja subsistem blok kontrol (BCS) dan subsistem pendukung laser lainnya pada kecepatan transonik dan koleksi data aero-efek di bawah kondisi penerbangan supersonik untuk efektivitas senjata laser pada sasarannya.

Sumber: IHS Jane

  4 Responses to “Angkatan Udara AS Butuh Senjata Laser Untuk Pesawat Tempur”

  1. Gambarnya bagus xixixi

  2. kayak di pilem pilem kaka…

  3. cari aja di glodok….
    banyak….

    xixixixi….

  4. Laser skrng d larang..
    Ktx bs ganggu penerbangan

 Leave a Reply