Sep 192016
 

Dalam video berdurasi 60 detik terlihat sebuah meriam 9-A1-4071K yang terpasang pada platform pengujian, deretan peluru 30 mm diumpankan ke pengisi dan pengujian tembakan langsung dari meriam baru yang dilaksanakan pada lapangan tembak Angkatan Udara di luar Moskow .

Cannon (meriam) 9-A1-4071K untuk jet tempur generasi kelima Sukhoi PAK FA dikembangkan oleh Biro Desain Instrumen untuk Senjata Presisi Tinggi pada tahun 2014 dan merupakan versi upgrade dari meriam otomatis GSH-30-1 30 mm.

Dengan berat hanya 50 kilogram, 9-A1-4071K adalah meriam 30 mm yang paling ringan dan sangat ideal untuk pesawat. Sistem penembakan otomatis meriam ini memungkinkan untuk menembak hingga 1.800 putaran per menit – memiliki kinerja terbaik untuk senjata sekelasnya.

Hal lain yang membuat 9-A1-4071K begitu istimewa adalah sistem pendingin air otonom di mana air yang ada di dalam jaket barel menguap karena memanas selama operasi. Meriam 9-A1-4071K dapat menembakkan ledakan fragmentasi, pembakar dan putaran tracer penembus armor serta efektif terhadap target lapis baja ringan di darat, laut dan udara.

Meriam bisa mengenai target darat hingga 1.800 meter dan target udara pada jarak maksimum 1.200 meter. Uji penerbangan dari meriam pesawat laju yang telah dimodernisasi 9A1-4071K sebelumnya dilakukan pada jet tempur multiperan Sukhoi SU-27SM.

Ahli militer percaya bahwa sistem penargetan terbaru yang digunakan pada pesawat Sukhoi T-50 PAK FA secara dramatis akan meningkatkan efisiensi meriam pesawat, yang dalam beberapa kasus merupakan cara yang lebih disukai dibandingkan dengan sistem rudal yang mahal.

Jet tempur generasi kelima Sukhoi T-50 Rusia, juga dikenal sebagai Prospektive Airborne Complex of Frontline Aviation (PAK FA) melakukan penerbangan perdana pada pameran dirgantara MAKS-2011 di Zhukovsky, Moskow. Sukhoi T-50 adalah jet tempur berkursi tunggal dan bermesin ganda, serta pesawat pertama Rusia yang menggunakan teknologi siluman. Jet tempur ini dirancang oleh Biro Desain Sukhoi.

Selain kemampuannya untuk terbang dengan kecepatan di atas 2 mach, Sukhoi T-50 menawarkan fitur-fitur lain, bahkan lebih penting, seperti tak terdeteksi radar dan persenjataan ampuh. Pesawat ini dilengkapi dengan avionik canggih dan sistem radar array bertahap mutakhir.

Untuk memenangkan superioritas udara Sukhoi T-50 dapat memecahkan sederet tugas taktis. Berkat karakteristik stealth, ia akan dapat menembus jauh ke dalam wilayah musuh dan melakukan serangan tak terduga.

Produksi massal dari PAK FA akan mulai pada tahun 2017 dan Kementerian Pertahanan Rusia berencana membeli setidaknya satu skuadron pesawat ini ditahun yang sama (2017). Beberapa negara telah menyatakan minat dalam pesawat perang baru ini, dan pembuatan versi ekspor dari Sukhoi T-50 PAK FA dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2020.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  24 Responses to “Video Uji Tembak Cannon 30 mm dari Sukhoi T-50 PAK FA”

  1. Indonesia akan akuisisu ini barang.

  2. Untuk dog fight dengan F35 dan F22 USS

  3. Untuk dog fight dengan F35 dan F22 USA

  4. Blm saatnya, indonesia msh suka latihan doang, utk bli2 sista mngkin 50 tahun lg, itupun jika koruptor sdh dimusnahkan semua, jika blm ya hrs sanggup menunggu pembelian sista gahar 1000 tahun lg, krn pemerintah skr fokus di pembangunan infrastruktur, jika 2 periode pasti akan begini2 tok, tak ada banyak pembelian, mungkin setelah brganti presiden baru, nah itu mngki ada harapan utk akuisisi jet2 tempur multirole sekelas su 35 dan f16v…

  5. itu canon jika di tembakkan ke manusia bisa hancur lebur manusiannya.

  6. @edodol : Negara kita sebenarnya mampu untuk membeli pesawat Sukhoi SU 35, Sukhoi PAK FA, F 16 V atau yang lainnya jika yang mengaku rakyat Indonesia bersatu.
    Perlu kita ketahui bahwa banyak konglomerat di negara kita menaruh uangnya di negara lain, salah satu contohnya adalah di Singapura.
    Uang konglomerat negara kita di Singapura lebih dari 2000 triliun.
    Mereka menghindari pajak negara di Indonedia dan memperkaya negara Singapura.
    Bayangkan jika semua uang konglomerat Indonesia yang ada di negara luar dapat ditarik pokok dan pajaknya untuk kemakmuran, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan dan keamanan negri tercinnta ini…
    Dan satu hal yang pasti, jangan aset yang dari luar di bawa masuk, ketika sudah di dalam lalu di korupsi…

    • kalau tax rate negara kita bersaing dengan singapura, kemungkinan besar banyak duit yang tidak lagi parkir di Singapura. Tapi negara harus siap dengan sumber pendapatan lain selain pajak ….

  7. Kita mau yang terbaruu.. inilaah jawabannya yg kita mauu.. tapi duitnya hrs nunggu hasil tax amnesty selesai duluu..

  8. Indonesia sanggup beli pak fa t 50 atau ratusan su 35,s 300 atau s400……tp pejabatnya yg gak mau karena anggarannya mndingan dikorupsi berjamaah dr pada mubazir cuman buat gagah gagahan doang.

  9. Borong…!!! Biar ganteng..

  10. Kalo nkri punya su 50..2 skadron.. Singapor sm ostrali bkl kebakaran jenggot

  11. tar klo tax amnesti cair tembus 4000 Trilyun Indonesia beli minim 2 ska T50- PAKFA… plus bonus

    TOT…. wessss mantab….

    edisi ngimpi siang bolong….

  12. Sungguh terlalu kali nkri sampe gk beli fak pa t 50..

  13. Jangan mnghayal trlalu tinggi..ntr bs gila kalo gak kesampaian.. Nkri hanya mampu beli t 50/fa 50 dari korea krna pesawat murah….kemaren sanggup beli 16 unit sukhoi itupun perlu waktu 10 taun..

  14. Ah bagusan super tukino tni.. Sanggup lawan 100 f 35

  15. Nkri nunggu hibahnya saja ntr 2080..setelah keluar dajjal

  16. Kirain test sambil terbang….

  17. Kirain test sambil terbang….

  18. SUDAH DI BAYAR LUNAS SAMA BAPAK NARAYANA…KWAKWAKWAKWAKWAK…

  19. Wah mantap

  20. Semoga ke beli nih jet tempur generasi ke 5. Swa buana paksa

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)