Aug 092014
 
Vietnam segera terima S-400

Vietnam segera terima S-400

08/08/2014. Vietnam akan segera menerima sistem senjata anti-pesawat generasi terbaru S-400, atau rudal permukaan-ke-udara (SAM) dari Rusia, kata seorang pejabat senior Rusia.

Berbicara kepada kantor berita MIA Russia Today pada 6 Agustus, Asisten Ketua Komite Pertahanan Negara Duma, Igor Novoselov menegaskan bahwa saat ini sistem S-300 Vietnam akan diganti dengan S-400, yang dijuluki SA-21 Glowler oleh NATO, dan penggantian akan dilakukan dalam waktu dekat.

S-400 dapat menembak jatuh target, baik pada ketinggian rendah maupun tinggi dan mencakup area yang luas, tambahnya.

Rudal Permukaan ke Udara, S-400

Rudal Permukaan ke Udara, S-400

Igor Novoselov menekankan Rusia sedang memelihara dan menjaga kerjasama militer dan teknis dengan Vietnam secara efektif -mitra strategis di Asia Tenggara.

Rusia juga telah menandatangani kontrak untuk membangun dua frigate Gepard 3.9 dan kapal selam Kilo enam kelas untuk Vietnam.(vietnambreakingnews.com).

Bagikan Artikel:

  195 Responses to “Vietnam Segera Dilengkapi S-400”

  1. PERTAMAXXX

    • Mengapa disaat vietnam mengakuisisi alutsista ini semua adem ayem aja , coba aja Indonesia yang mau mengakuisisi pasti dibilang menjaga kestabilan kawasan lah bla bla bla …. , btw , apakah Indonesia punya s400 atau sekelasnya?

      • gmana jk kita punya s400 yg bs berenang kesana sini. hehehe…….

      • Begimanaa yaah bungg..
        Indonesia saat ini merupakan negara no 2 dibawah korut yang selalu diawasi oleh negara2 lain baik dlm perkembangan alutsistanya maupun perkembangan politik dll, kita akuisisi 3 biji kri dr tante elly aja tetangga2 uda pada keringet dingin siapin antidotnya.. kta yg cuma upgrade f-16 25 ajaa sonora, sonotan dan si upil uda pada pngn upgrade juga pespur mereka.. apalgi kita akuisisi destroyer, s400, kapal selam scara terbuka yg notabene mempunyai deterrent yg besar bagi kawasan.. kalo kita akuisisi berbagai alutsista yg mempunyai deterrent besar bukan tdk mungkin akan terjadi perlombaan senjata bung.. kalau ditanya kita punya s400 atau tidaak saya jawab IYA. Knapa ? Saya percaya bahwa bangsa ini sudah siap terhadap ancaman apapun, saya tdk pesimis dgn bangsa ini. Walaupun bnyak kalangan yg berpendapat negeri ini adlah 1000 prototipe tp kita adalah bangsa yg berdiri sendiri.. maaf yaaa sedikit oot hehehe

        • Bicara yg realita aja, kita belum punya barang ginian..apalagi yg versi berenang kesana kemari..stop hoax..yg realita saja..belum beli tapi bilang2 kita udah punya ini..itu..wah sampe kapan mau ng-khayal mulu, So..lebih baik mari kita rencanakan pembelian nya…saya yakin dana pasti ada..tinggal kemauan aja.

          Saya salut tingkat tinggi sama vietnam..merreka bangsa yg tidak melupakan sejarah..puluhan tahun perang sama ASU..jd dia itu tahu mana kawan..mana lawan dimasa damai ini..makanyapembelian alutsista nya dari Ruskie..bukan dari ASU..

          • lah bukanya kita udah punya malah lebih jos dari s-400, tuh simbah s-60 jejerin sepuluh jadilah s-600 dengan jarak tembak 600 km. piiiiissss ah :D

          • Bila bicara idealisme memang sudah sepatutnya seperti itu bahwa kita bicara apa adanya, tp kadang dgn alasan rahasia pertahanan ada yg tdk bs kita ungkap 100% ke publik.

            Tetapi terlepas dari semua itu sebagai seorang yg mempunyai itegritas dan kapabilitas yg tinggi, harus memberikan info yg sakih karena hakikatnya orang yg bijak boleh salah tapi tidak boleh berbohong. IMHO

          • Ya gpp kalo blg bicara realita, tempo hari jgkr jg dibilang mimpi kalo kita sudah punya rudal utk sukhoi, tp kesini sini terbukti.. biarkan semua menjadi rahasia dan memang sepatutnya begitu. Semua akan keluar tepat pada waktunya. Semua jg pada lupa rencana hibah f5 dr taiwankan? Yg speknya sudah sama persis dengan f5 singapor yg bisa nembak amram, u
            Itu kok tiba2 lgsg hilang beritanya?

        • S 400 untuk mengganti S 300…Indonesia aja blm punya S 300 tp Vietnam udah mengganti dengan S 400….Vietnam itu siapa sih?…..

      • Soal kestabilan kawasan itu hanyalah “perasaan” kita sendiri yg terlalu menekan macam2, terbukti kita tersentil dikit aja oleh negara tetangga (misal: usman-harun) kita udah nubyak2 nggak karuan

      • Setuju bung… Ngga fair rasanya disaat negara lain mengakuisisi alusista gahar semua diam, tapi giliran Indonesia negara lain nyinyir. Atau jangan2 memang mental bangsa kita yg mudah di dikte ? Mudah2an tidak ya bung. Salam kenal bung

    • ayoo beli sosiiiiiis. ……:)

    • salam persatuan dan kesatuan ….. semoga minimal segera bisa terwud ini dulu :

      http://youtu.be/yDPbyg_SOAs

        • lah … semoga saja bisa seperti ini :

          Mohon maaf sebagai gambaran saja bro :

          PDB Indonesia tahun 2013 sebesar 878 miyar dollar AS, = 10.184 trilliun …( Rp. 11.600 / 1 usd ),
          0,8% PDB = 81,4 trilliun rupiah …untuk anggaran TNI – 2014 ( gaji, belanja rutin, dll sekitar 45 trilliun rupiah )……..
          artinya tahun anggaran 2014 TNI punya spare anggaran Alutsista sekitar 36 trilliun rupiah .

          * Jika tahun 2014 PDB naik 7% berarti = 10.896 trilliun,.. 2% = 217,9 trilliun …. dibulatkan = 218 trilliun rupiah ….

          * maka Anggaran 2015 = 218 Trilliun Rupiah ….( anggaran rutin,gaji,dll naik 10% = 50 trilliun)
          berarti tahun anggaran 2015 TNI punya spare anggaran Alutsista 168 Trilliun Rupiah

          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )

          * Jika tahun 2015 PDB naik 7% berarti = 11,658 trilliun,.. 2% = 233 trilliun …( belanja rutin + gaji 55 trilliun rupiah )
          berarti tahun anggaran 2016 TNI punya spare anggaran Alutsista 178 Trilliun Rupiah

          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )

          * Jika tahun 2016 PDB naik 7% berarti = 12.474 trilliun,.. 2% = 250 trilliun …( belanja rutin + gaji 60 trilliun rupiah )
          berarti tahun anggaran 2017 TNI punya spare anggaran Alutsista 190 Trilliun Rupiah

          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )

          * Jika tahun 2017 PDB naik 7% berarti = 13.347 trilliun,.. 2% = 267 trilliun …( belanja rutin + gaji 66 trilliun rupiah )
          berarti tahun anggaran 2018 TNI punya spare anggaran Alutsista 201 Trilliun Rupiah

          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )

          * Jika tahun 2018 PDB naik 7% berarti = 14.281 trilliun,.. 2% = 285 trilliun …( belanja rutin + gaji 73 trilliun rupiah )
          berarti tahun anggaran 2019 TNI punya spare anggaran Alutsista 212 Trilliun Rupiah

          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )

          ======================================================================================

          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )
          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )
          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )
          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )
          * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )
          ================================================= ( + )
          * ( ANGGARAN MEF II ( 2015 – 2019 ) = 949 Trilliun Rupiah )

          • anggaran sebesar ini … ( ups jika pembangunan ekonomi lancar ) :

            * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2015 = 168 Trilliun Rupiah )
            * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2016 = 178 Trilliun Rupiah )
            * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2017 = 190 Trilliun Rupiah )
            * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2018 = 201 Trilliun Rupiah )
            * ( ANGGARAN ALUTSISTA TNI 2019 = 212 Trilliun Rupiah )
            ================================================= ( + )
            * ( ANGGARAN MEF II ( 2015 – 2019 ) = 949 Trilliun Rupiah )

            baru kita bisa beli :

            – 2 skuadron typhoon
            – 2 skuadron sukhoi 35
            – 2 skuadron T-50 sukhoi PAT FA
            – 1 skuadron F-35

            + S – 400 yang disebar di 3 kobagwilhan ……….

            maaf para sesepuh …….. harap.banget.com/

          • analisa dasar bung…. mantab… btw ada yg tau kabarnya Rhan?

  2. Pertamax

    • dpt premium, 2 x komen error

    • Untung TNI ngak jadi beli S300, barang Kadaluarsa

      Alon – Alon Asal Kelakon, Ngak usah Kesusu

      Vietnam Akhirnya mengeluarkan uang lagi untuk Beli Baru rudal S400

      Indonesia negara kepulauan, yang tersebar sangat jauh, butuh RIBUAN rudal S400, siapkan saja uang lebih dari 1000 Trilion untuk S400

      Belum biaya MAINTENANCE yang kemungkinan jauh lebih mahal dari belinya

      Vietnam (Daratan) berbeda jauh dengan Indonesia (Kepulauan).

      Keputusan “tahap awal” TNI sudah sangat tepat, dengan melindungi Aset yang tersebar sangat jauh dengan Skyshield/SHORAD, Upgrade Radar dan Pesawat Tempur yang banyak tersebar

      • setuju , keputusan akusisi Oerlikon Skyshield, mistral, Starstreak HVM sudah tepat mengisi arsenal TNI dengan konsep MEF 1.

        Ingat , itu arhanud jarak sedang memang sudah lama di godok olek kemhan dan TNI AU, tp melihat realitas anggaran yg ada untuk sementara TNI AU lebih memilih mendahulukan pesawat latih grop, pesawat COIN tucano, pesawat latih tempur T-50i/TA-50i, F-16 CD, dan SU-30mk2 dan cukup dgn sistem shorad yg sangat mumpuni.

        MEF 2 baru saya rasa daftar pembelian cukup panjang, termasuk pembelian heavy fighter , medium fighter , arhanud jarak sedang/menengah dan pembelian yg lain.

        Kemhan dan TNI sbg user jelas sudah memikirkan masak2 semua kebutuhan pemenuhan postur minimall mjd ideal serta melihat faktor ancaman saat ini dan yg akan datang

        • oot dikit .. bung gue / bung deigo mau tanya IP dari email saya diblok yah .. koq saya gak bisa buka jkrtgrtr dari chrome/firefox ? ini saya browsing & komen jkrtgrtr dari anonymous browser deh jadinya :mrgreen:

      • ane pernah baca kalo ndak salah s-4000 kan pake 3 varian rudal, 40N6 , 48N6E3 dan 9M96 .
        yang dipake ruski klo ndak salah varian 40N6 dengan jangkauan 400 km, kira2 yang dikasih ke vietnam ini varian yang mana yach, kalo dapet yang sama spt ruski berarti jos gandos beneran tuh vietnam

      • Waduh…brti isu-isu dan clue kemarin tentang adanya s-300 itu.???

        • begini , ini berhubungan dgn publish resmi, sedangkan yang aslinya hanya TNI yg tau….
          contohnya misalnya indonesia mempunyai kesepakatan perjanjian informasi rahasia dengan rusia.
          Perjanjian rahasia ada sisi positif dan ada sisi negatif.
          Sisi positif jelas lawan tidak tau kekuatan kita sebenarnya.
          Sisi negatifnya klo terjadi mark up atau penyelewengan anggaran maka tidak ketahuan, dan negara rusia banyak mafia alutsista yang berlindung di perjanjian rahasia tsb.

          Jadi kita tak perlu terjebak diskusi soal hal yg di luar artikel , mending yg kita bahas untung ruginy sistem tsb buat indonesia, plus minusnya , kehebatan sistem tsb dll, terima kasih, salam

          • Jossss… Setubuh bung Gue, makjleb langsung mengena…

          • pas bung Gue…ga usah terlalu memikirkan hoax hoex deh..para petinggi TNI kita pasti bukan orang goblok, segala perjanjian rahasia hanya mereka yang tau dan kita ini hanya mengira2 saja..

          • Benar sekali bung gue

      • hehehehehehe 1000 trilyun bung melektech?? banyaak amiir
        dana sebanyak itu mending 1/10 saja yang dipakek untuk beli s300/s400 untuk dijadikan pembelajaran kemudian selebihnya dibuat untuk R n D pacar wutah kita biar kemampuan dan deterjennya sekelas atau bahkan melebihi s300/s400 tersebut.

        • Coba hitung ada berapa obyek vital yang perlu dilindungi ? yang saya hitung ada RATUSAN, yang menyebar antara SABANG – MERAUKE

          “Dari sabang sampai merauke berjajar pulau pulau, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia ”

          Jreeng…Jreng….Jreeeeeng

          Vietnam adalah negeri Dataran, sehingga obyek vitalnya saling berdekatan, cukup 4 baterai S-400

          Kalau Indonesia, ada 5 Pulau Buuueeesar (Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, Nusa, Papua)

          belum lagi pulau kecil yang Vital kayak NATUNA

          Udah jelas pelajaran Geographi nya mas ?

      • klo boleh tau bung meletech klo produk nato yg sekelas s300 itu apa y,sya rasa yg menjadi pemikiran petinggi tni adalah radar yg rata rata buatan nato sulit dikoneksikan dg s300 ini,jd lebih murah kita produk nato saja yg sesuai dg radar kita,maaf cuma saran orang awam

        • Paling enak ToT, apa yang dilakukan Northrop kemarin akan sangat menguntungkan, dimana akan mendirikan pabrik RADAR disini bersama LIPI/INTI/LEN dan bekerjasama dengan ITB.

          maka dengan mudah kita MENGINTEGRASIKAN semau kita, mau S-400 / 500, Patriot, atau RKX nya LAPAN, atau jadi Radar Network, dst…………………

          Itulah nikmatnya buatan sendiri, dari pada bergantung terus dengan produk negara lain, sedangkan negara lain ngak peduli dengan kita, termasuk Rusia (hanya peduli UANG)

          Bisnis Air-Water Defence and Radar Indonesia adalah bisnis yang menggiurkan, karena butuhnya sangat banyak, karena itu Uangnya harus berputar dinegeri sendiri, jalannya adalah Mandiri yang dimulai dengan ToT (Transfer of Technologie)

      • Biar aja bung Melek itu duitkan duit rakyat untuk lindungi rakyat juga.Belum tentu juga S300 itu kadaluarsa emang nya makanan kaleng?idan tuan sudah mencobanya?ini karena vietnamnya yang ingin versi yang lebih tinggi kerena sensitifitas semangat bela bangsa dan hargaa diri bangsanya yang tinggi tidak sudi hidup di bawah tekanan bangsa lain dan diatur sana sini apalagi ancaman dari bangsa lain.kemarin anda nulis “Indonesia akan di Embargo CHINA bila kepentingan mereka terhalangi

        Indonesia akan di Embargo RUSIA bila kepentingan mereka terganggu” sedangkan sudah sama kita ketahui dan rasakan ASU idola tuan sudah melakukan embargo yang militer kepada indonesia.kenapa itu tidak di tulis juga TUAN?

        • saya sangat setuju dengan kemandirian bangsa dibidang HANKAM tuan melek tapi bangsa in kurang respon dan mudah lupa dengan dengan ancaman yang akan datang dan yang akan berulang terjadi.dalam situassi keamanan regional yang tidak menentu saat ini pembelian alutsista dari luar adalh pilihan darurat.yang penting benar dapat digunakan kapan saja dmana, saja minim embargo dan tanpa syarat yang aneh aneh.

  3. KEDUAXXX

    • Yah ketiga wkwk

    • Angkat jempol buat vietnat klomemang berita di artikel tsb benar.krn rusia untuk sistem S-400 sulit melepas , sebelum S-500 eksis.
      Indonesia blm punya sistem arhanud sekelas S-300, sistem arhanud jarak sedang baru nasuk di daftar MEF 2. Tinggal nunggu presiden baru acc, mk mef 2 sudah masuk ke matra angkatan udara.
      Untuk matra darat cukup shorad , vshorad
      Rudal pertahanan udara terhebat saat ini milik tni yg terjauh yaitu milik tni al yg dibawa bung tomo class yaitu vls mica.
      Jadi kita tdk perlu malu mengakui klu urasan arhanud jarak sedang dan jauh kalah dgn tetangga.
      Krn kemhan dan tni darioada akusisi s300 atau s400 mendin dibelikan fighter.

  4. 2 , ijin nyimak

  5. nyimak

  6. Vietnam sudah….kapan yah indonesia (publis resmi)……

    • Kita akan beli kalau udah di bombardir sama pespur ausiee, malay, singapor & asu.

      Kita akan beli kalau udah banyak korban dari kalangan rakyat…10 juta jiwa melayang karena bombardir pespur tetangga.

      Kalo itu semua sudah terjadi baru terbuka tuh mata para pejabat betapa pentingnya pertahanan udara…betapa penting nya beli SAM-300, SAM-400 & Pantsyr.

      Dan pada saat itu sudah terlambat kawan….karena anda terlalu sibuk dengan pencitraan, korupsi, gila jabatan, keruk kekayaan..jual sda ke tangan asing dll.

      Akhirnya…siap2 saja cucu2 perempuan kalian jadi sapi perah sex penjajah di negri kita.

      A’udzubillah himindalik.

      • mereka yg mikir duluan sebelum mau ngebom kita bos…kita mau ngebom mikie 1000x, jiran mau ngebom kita mikir 1jt x kekkekekek

        • Kalau gitu ga usah beli aja, orang tanpa itu semud tetangga da mikir 1000x untk itu

          • priorotas dan dana bung indo, saat ini “kita” memilih untuk mencoba berdikari.seperti kata eks KSAD jendral budiman, walaupun jelek tapi buatan sendiri itu lebih tinggi daya gentarnya dibanding beli dari luar

      • Tapi kok kita ga di bombardir sama pespur aussie,malay,singapore&asu?
        Kok ga ada 1 korban dari kalangan rakyat yang melayang kalo ada bombardir dari pespur tetangga?

      • Insya Allah pemerintahan kini n yad hususnya tni sdh berpikir n menyusun strategi antisipasi yg kita takutkan. Semoga pemerintah baru tdk intervensi untuk menekan rencana tni. Semoga TB jangan seperti yl.

  7. Gmn dg kt….?

  8. Lah kita kpan nyusul
    #ngarep.com

  9. Hahahaa.. bukannya kita uda akuisisi dr dlu yaa ? Tp bkan bergerak mobile tp di letakkan di suatu tempat yg strategis.. and hasilnya beberapa uav and jet fighter tetangga pernah merasakan tamparan sayang heheee..
    Maaf perkataan ane adalah hasil pembicaraan sesepuh di artikel2 sebelumyaa..

    • Yang perlu dikritisi apakah sistem dan pertukaran data radar T master punya kita sesuai dengan S-300/400 ?

      • Kayaknya itu hasil modifikasi lagi deh suapaya semua sistem terintegrasi dengan baik bung ,,, IMHO

      • Betul kita modifikasi, masalahnya jika menggunakan alat buffer kan perlu waktu utk menganalisnya. Waktu dalam jangka waktu detik sangat pentik utk pertahanan udara. Saya kira ini perlawanan besar, sehingga saat ini kita belum beli secara masal. Mungkin besok rudal ini ditepatkan di kasel dan freaget kelas berat krn sesuai dengan negara kepulauan.

      • Betul2 perlu dikritisi sistem pertahanan udara dan sistem radar indonesia yg standar NATO bagaimana caranya mungkin mengintegrasikannya dgn S-series ”kalau” memang kita punya yg begituan

  10. waahh indonesia kapan ya?? #tepokjidat

  11. wahhhhh sesepuh disini sepiiiii

  12. mantap ……indonesia sebentar lg.@

  13. Indonesia saatnya anda memilih

  14. ayo,indonesia beliii….
    hehehehehe
    beli sosis yang buanyak….

  15. Indonesia Seharusnya Dari Pemerintahan SBY Sudah Teken Kontrak Dgn Rusia Mengenai Pertahanan Udara S-300 atau S-400…Dengan Tujuan Untuk antisipasi apabila keadaan memburuk Seperti Kasus Dengan Negara Tetangga Australia , Singapura dan Papua Newgenee….Mengenai Pengiriman Ke Indonesia ditangguhkan dulu apabila Keadaan Negara dalam keadaan genting….Sedia Payung Sebelum Hujan….

  16. Indonesia sangat berbeda dg Vietnam

    Dalam kondisi normal & dg kondisi Indonesia spti skrg tak ada negara lain yg akan memerangi Indonesia meskipun sekaliber USA.
    Indonesia lebih jauh lebih mudah & ekonomis kl di hancurkan dari dalam.

    Seharusnya Impor alusista Indonesia hanya terbatas pd yg urgen saja.
    Dana yg terbatas akan lebih mulia & bijak kalau pemimpin2 indonesia lebih mengutamakan kemandirian penguasaan teknologi.

    India & Cina,mereka sudah unggul dr kita tp masih berlari dalam pencapaian penguasaan teknologi bukan jalan santai spti kita.

    Sedih Com meliat pada yg pengambil kebijakan
    Kalau tetap masih spti ini 50-100 th lagi kasihan anak cucu kita mungkin akan tertindas bangsa lain ..

    350 th waktu tidak sedikit kita di tindas sekelas belanda.
    Jangan sampai secara tidak sadar kita terjajah oleh bangsa sendiri.

    Mohon Ma’af kl salah saya hanya prihatin.

  17. Ternyata Vietnam sekutu strategis Rusia Di asia tenggara..

    M E R D E K A NKRI HARGA MATI

  18. maaf OoT,
    bung diego bisa minta tolong !
    saat ini di berbagai media islam (di indonesia) marak tentang
    pelurusan tentang makna dari simbol/ logo/bendera yg di klaim adalah milik ISIS,
    …logo itu BUKAN HAK MILIK ISIS….hal tsb keliru..sebab itu adalah stempel cincin Rasulullah saw. yg tiada suatu golongan pun
    dalam umat islam berhak klaim bahwa itu hak milik mereka !
    mungkin bung diego bisa menaikan sebagai artikel…..hal ini ane harap sebagai pelurusan…pencerahan
    mengenai simbol tsb juga sebagai amaliyah amar ma’ruf nahi munkar sebagai umat islam…..maaf tiada maksud lain, di harap bijak dalam penggunaanya sebab merupakan kalimat tauhid,
    dan ane sadar isu ini sangat sensitif !…mungkin warjager lainnya bisa membantu memberikan link yg di maksud (hp ane jadul punya)
    …terima kasih banyak atas atensinya,

  19. Akhirnya nongol jg ini berita ni rudal yg cetar membahana..tapi sayang yg akusisi negara lain..:(

  20. buat sendiri lebih membanggakan,..
    mimpi.com

  21. semoga indonesia menyusul !!

  22. Saya setuju, dan nanti diharapkan pasti banyak ,analisa ,pendapat atau bahkan pelurusan dari rekan2 warjag tentang fenomena ” IS / ISIS / ISIL ini ??,

  23. waduh jadi nyasar sendiri padahal ini untuk koment no. 18 (God Sigma),hehe…

  24. Dedengkotnya jkgr jarang nongol..
    Jadi sepi nih warung.

  25. Entah mengapa, saya sbg anak bangsa tdk merasa iri dgn apa yg dibelanjakan vietnam..
    Entah mengapa sejauh ini meski masih sangat minim, mungkin.. tp pertumbuhan jumlah alutsista kita sdh cukup baik tp memang belum cukup yahh.. vietnam itu musuh tradisional nya jelas, tiongkok..
    Musuh tradisional kita siapa? Malaysia? Papua nugini? Atau australia? Utk mal dan png masih mumpuni kita hajar dgn kekuatan yg ada sekarang.. utk australia, apa mereka sdh mampu melakukan operasi amfibi utk menyerbu daratan indonesia.. utk saat ini lho yahh..
    Sepertinya pertumbuhan kekuatan TNI disesuaikan dgn ancaman.. dan langkah pemerintahan SBY sdh bener bgt..
    Ga usah jauh2 liat alutsista.. di dunia internasional lbh dihargai siapa ucapannya? Sby atau vietnam? Pernyataan sby jelas kok.. “kita ga suka perang, tp kalo mau perang kita siap” artinya lu mao ngajak ribut hayoo ajaa.. apa iya utk seukuran presiden, seorang SBY ngomong ga pake itung2an..
    Ahhhh semoga presiden beikutnya pny daya tawar yg lbh mantap..

  26. kyake kita jg sdh dilengkapi sm s400 jg tuh

  27. Hahaa rame nya macam kelas ditinggal guru rapat

  28. indonesia sebenarnya sangat memerlukan s400 tapi jumlahnya gak banyak, cukup untuk di tempatkan di batam dan jakarta

  29. Indonesia ketinggalan mulu..
    Salut buat vietnam mentingin alutsistanya yg cukup mengerikan…

  30. betul kita di segani, tapi juga sering ditikam dari belakang

  31. Mending beli pespur ma radar yang mumpuni cocok dengan doktrin preemptive strike. Selanjutnya beli kaprang yang banyak agar potensi laut kita ga habis dicuri orang

  32. Konvoi trailer pengangkut Astros II sebanyak 8-10 trailer satu jam lalu telah masuk perbatasan Jatim dari Jateng. sebentar lagi masuk kota nganjuk. Semoga sampai Pasuruhan dng aman.

  33. kalau saya sich buat aja fregate yang khusus nggotong rudal SAM. Untuk obvit pake skyshield.

  34. Bung Narayana gak pernah nongol nih…..jadi malas deh baca2 artikel berita di lapak ini..

  35. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    NKRI tercinta dah punya blm ni?

  36. SAM yang dimiliki indonesia itu lebih hebat dan yang pasti Stealt banget dah. begini skenarionya masuk jawa timur tinggal di sam pakek santet, masuk kalimantan senjata rahasianya suku banjar yang keluar. jadi masih berani macam2? PR nya cuma satu hanya bagaimana mengintegrasikan setiap kekuatan dari masing2 suku2 yang ada di indonesia ini.
    wkwkwkwkwk
    Maaf Klo nglantur

    • Kan kita punya presiden pemimpin pemersatu bangsa yg di pilih oleh rakyat dr sabang sampai merauke dan WNI di luar negeri, gitu aja repot :mrgreen:
      Jd apa pun putusan MK nanti semuannya harus legowo ikhlas krn persatuan indonesia yg utama kan

  37. Beda dgn vietnam sayangnya sejak zaman orde baru sistem pertahanan udara dan sistem radar negara kita berkiblat ke NATO. susah, gimana caranya mengintegrasikannya dgn S-400 atau S yg lainnya kalau pun punya

  38. Kalau menurut saya sih karena kondisi kita yg jauh sama kondisi vietnam,vietnam berbatasan darat dengan rrt dan bersinggungan masalah lcs,jadi wajar mereka mengakuisisi s patangatus,saya rasa ini untuk menaikkan daya tawar thdp rrt.

  39. negara kita rupanya patut salut dan mencontoh Vietnam dalam hal pengadaan alutsista nya, masalahnya ada apa ya ? masa tidak terpikirkan oleh petinggi2 tni !

  40. Affirmative 😈

  41. Selamat buat Vietnam yang resmi dapet SA-21 Growler atau S-400/S-300PMU3 Triumf.
    Mereka dapet yang versi 48N6 (untuk long range) dan 9M96 (medium range).
    Kalau yang akan mangkal disini selain 2 versi diatas ada juga versi 40N6 dengan jarak jangkau terjauh, yaitu 400 km+.

    Selamet malem warjagers, izin mampir sejenak :mrgreen:

    • wuih bung narayana sdh kembali gimana kabar ya

    • Kalau dari opini bung Melektech berarti sudah tersebar endo, meso dan ekso circle commandante?…

    • @bung narayana…apa kabar ? Walah kemana aja bung…

      Barang ginian, kapan kira2 datang dimari ?

      Bung narayana, kalau menghilang jangan terlalu lama…biar silaturahmi tetap terjalin..hehe.

      • Kabar baik bung @Lesmana. Ndak kemana-mana, kebetulan PR-nya banyak dan harus ikut alert shift.
        Sebenarnya sudah ada yang dimari, dan akan datang lagi tahun depan.
        Insya Alloh akan selalu saya sempatin mampir dimari, bung. :D

      • @lesmana. Ciri2 org munafikun. Dibelakang hina2. Orgnya muncul, pura2 nyambut.

        • @handal, kritik dan menghina itu beda…banyak sekali orang2 yg cinta sama tanah airnya dengan penyampaian yg beragam..berbeda-beda…itu semua karena kekhawatiran nya dengan kondisi tanah airnya saat ini. pada saat kualitas kepercayaan kita agak turun…diharapkan orang – orang seperti Bung Narayana ini muncul untuk tetap memberikan pencerahan kembali…

          menurut pandangan saya..tentu saja kredibiliats anda berbeda dengan bung Narayana..hehehe bagi saya apa yg dikatakan bung narayana…bisa bikin hati ini agak tenang..dan percaya walaupun saya sendiri belum lihat itu barang ginian dimari, indra ke-6 saya merasakan kharisma yang tinggi dari sosok bung narayana ini…dan saya yakin yg merasakan ketenangan yg dibawa bung Narayana ini bukan hanya saya aja loh…tapi yg lainnya juga seperti komen bung Onthel..

    • Alhamdulillah,
      kalau bung Narayana sudah muncul, hati ini serasa berbunga bunga :)

  42. bukannya setiap batterai S-300/s-400 juga dilengkapi radar?? kenapa harus diintegrasikan dengan radar early warning yang mayoritas diisi produk barat, mohon pencerahannnya…..

  43. Akan…Rncana apa dah psen ni ?

  44. kemampuan radar setiap batterai S-300/s-400 bahkan mampu mendeteksi dengan jangkauan lebih jauh dari radar early warning. dalam kondisi perang, tentunya radar yang akan bekerja tidak hanya radar thomson atau master T yang selama ini jadi tulang punggung Kohanudnas. radar seperti radar pasif, radar batterai dari S-300 akan bekerja bahu membahu. soal integrasi tidak perlu khawatir, saya yakin sarjana kita jagonya modifikasi. radar2 tua saja bisa di digitalisasi dan diintegrasikan dengan radar2 yang relatif lebih canggih bahkan dengan radar sipil.

  45. Ndan nara. Mohon warung nya sering sering dijenguk..ndan
    Trims..salam nkri

  46. Maap oot, td sore skitar jam 16.30 ketika otw dr ngawi menuju caruban (madiun) jln macet krn ada konvoi alutsista tni ad yg diangkut trailer sdg rehat dipinggir jln. Yg menarik alutsista tsb msh kinyis2 blm ada no registrasi maupun plat nmrnya. Sayang sdg nyetir tdk sempat motret. Kyknya si astros II OTW rmh barunya di mlg. Alutsista satunya mgkn apc, hanya sempat memperhatikan kl ban cadangannya dtaruh berdiri di blkg sblh kanan. Mhn warjager yg py inpo disharing 🙂

  47. berarti yg di jelaskan sm bung narayana,sama arti indonesia sm dgn rusia,,dalam hal persenjataan militer..menantang indonesia perang sm arrix menantang rusia..mkx mengapa cina segan,,n mengapa negara2 kawasan slalu kwatir jika indonesia memodernisasi peralatan militerx,,krn indonesia kuat,tp tdk pernah congkak,,heheheh

    • Bukan gitu bung, yang dimaksud oleh bung @Nara adalah kualitas senjata yg kita beli dari papa bear harus sama dengan yang digunakan oleh papa bear itu sendiri. Bukan yang versi eksport yang notabene banyak downgradenya.

      CMIIW

      • Tepat sekali, bung @Tedjo.
        Oh iya, ane sampai lupa, sebenarnya apa yang diberitakan akan dibeli atau sudah datang di arsenal Vietnam, itu sebenarnya adalah salah satu clue tentang apa yang akan dibeli atau akan datang dimari.
        Karena Vietnam adalah……hehehehe…

        :mrgreen:

        • Haduh… angin semriwing maneh… ehehehheh.

          Awas masuk angin. Siapkan balsem + coin buat kerok an. :D

        • Kalo menurut info angin semriwing sampeyan berarti ID yo rencanane tumbas/build gepard mesisan?

          #edisi_mancing.

        • wah..klo vietnam jd clue..berarti arsenal laut kaya kaprang2 baru mereka itu?? :mrgreen:

          • Hehehe…silakan diterjemahkan sendiri bung.

            :mrgreen:

          • hehee.. :mrgreen:

          • artinya, dr rusia barangny dikirim ke vietnam, transit bentar trus lanjut lg ke indonesia ???
            vietnam cuma kamuflase aja ???

          • Bung @Camp 13, maksud bung @Nara adalah Vietnam tetap membeli barang itu, dan itu merupakan gambaran barang yang akan dibeli juga oleh ID. Lha kalo Vietnam cuma transit, kapan dia berani ngadepin tiongkok?

            CMIIW

          • bung @Camp 13: betul seperti apa yang dijelaskan oleh bung @Tedjo.

            bung @Tedjo: terima kasih sudah membantu menjelaskan.

            Btw, terkadang pengiriman unit buat Vietnam juga diselipin unit buat Indonesia. Jadi, seperti case S-300, Vietnam beli xx baterai, sebenarnya separuhnya itu “nyasar” dimari.

            :mrgreen:

        • Woww… tp apakah bs sinkron dgn satrad kita bung narayana, maaf sekedar mencari pencerahan 🙂

          • Bisa, bung @Rafly. Satrad kita bertugas sebagai sarana surveillance terdepan, sedangkan sistem radar pelacak dan penjejak di S300/400 sebagai eksekutor target. Keduanya akan nyambung dalam satu link.

          • Alhamdulillah… terus terang sy termaksud pecinta sista rusia bung nara, setelah mendengar agak sulit di satukan timur dan barat dalam wadah kohanudnas agak sedikit kecewa jg… tp akhirnya dpt pencerahan dr anda dan rasanya luar biasa, terima kasih komendan.

        • Hehehe….terima kasih bung@Nara, atas cluenya :mrgreen:

          Terus terang ane ngiri banget liat gepard sama baby slavanya Vietnam tempo hari. Ternyata…oh ternyata.

          Minal Aidin Walfaidzin bung, semoga anda sekeluarga sehat selalu

          • Terima kasih kembali, bung. Ane juga ngiri koq. :D

            Minal aidin wal faidzin bung@Buddy90, semoga anda dan keluarga sehat dan dalam lindungan-Nya.
            Amiin…

          • bung@tedjo, kirain mereka cuma kamuflase aja utk2 bbrp barang yg kita beli, biar kawasan tdk meriang, soalny kalo mereka tau kita ambil barang sakti mandraguna mereka langsung koar2 gk jelas, salam kenal bung

        • apa ada hubungannya dengan kunjungan direktur pusat kerjasama internasional TNI yang berkunjung ke vietnam menjelang akhir juni kemaren, kalau ga salah kunjungan tim tersebut dikepalai oleh Laksamana Sieslo dan beliau merupakan staff ahli militer TNI. Dalam kunjungan tersebut ada penanda tanganan MOU pertahanan…. Kira-kira MOU tersebut isinya apa yaa…? :mrgreen:

        • aseek… :D

  48. bung@narayanj, jd rusia ngrim buat vietnam, ada jg2 bbrp yg nyelip buat kita jg y ?
    salam kenal bung

  49. Kangen dgn karakter bung frans…. biasanya beliau begitu ada yg berbau rusia atau tiongkok langsung nyamber, tolong siapapun dia dihidupkan lg bung frans nya 😀

  50. bung@narayana
    di warung sebelah ada berita kalau ada jurnalis asal perancis ditangkap di papua….
    dan rencana barack obama datang berkunjung kepapua.pertanyaanya apakah alutsista kita dibiak akan sigap menghadapi raptor mereka

  51. S300+ harus ada radar all.
    Radar kita masih -400.
    Jadi mef2 kita kejar medium missil ny dulu.
    Ntar s400 nya diakhir mef2 atau awal mef3 aza.
    Klw dipaksain jadi ga intergrated ama pespr dan kri kita yg west code.
    Mudah2an skyshild bisa cepat integrasikan alutsista kita.
    Indonesia ga bakal kmane2… asal kita kawal sampe mef kita tepat target.

    • Betul bung BHL indonesia gak kemane2 tp ancamannya yg semakin nyamperin, tp sy sependapat jangan grasak grusuk yg penting ruang udara NKRI harus segera tercover radar jgn ada yg bolong.

    • S-300 dan S-400 itu punya sistem radar sendiri kok bung untuk menjejak sasaran, jd nggak bergantung dengan radar selain miliknya sendiri.

  52. Kira2 kalo ini truk ngangkut S400 lewat jembatan di indonesia AMBLES nggak yaa??.. 😀

  53. Edan tenan kalo emang NKRI punya semua yang di’hembus’kan bung Nara (lam kenal bung).. sekilas info, bracket mesin jet tempur masa depan Amerika ternyata di desain putra bangsa asli salatiga, kalo bisa britanya tolong dibabar di JKGR bung admin, saya pengen liat gambarnya..

  54. Salam bung Nara, mohon maaf lahir bathin
    Udah lama gak muncul pasti bawa banyak berita.

    Ditunggu berita2 sedapnya Bung,
    Salam

  55. Wahh kyak.a indonesiaa ktinggalan… Yaaa
    Tp ????????????? yg d blngin omm naraa aminn ajaa dech.. Trlpas itu reell atoo hoax.. Trima kasiih info.a om nara salam knal..

  56. ni beneran ga ni? lha kok kita masih berkutat di sam dengan antar kecamatan doang?

  57. indonesia punya

  58. pangkalan armada baratnya aja masih amburadul (berita kompas), masih aja nyebarin berita hoax akuisisi s400 yg bisa nyelem

  59. sabar mas bro jangan ng gas begitu klu omong ane takut ente kena stroke

  60. Sesepuh warjager semua, mohon pencerahannya. Indonesia katanya minat untuk akuisisi nih pensil..bagaimana kabarnya pantsir sama tunguska ? jadi ngga ya..?
    http://militerindonesiamy.blogspot.com/2014/08/senjata-rusia-sam-tor-m2e-dan-osa-akm.html

 Leave a Reply