Jul 262015
 

image

Untuk mengganti armada SU-22 yang sudah lama, Angkatan Udara Vietnam berencana membeli jet tempur penyerang kelas berat SU-34 Fullback Rusia, sebagai armada bomber masa depan.

Rencana itu telah dikonfirmasi oleh bagian eksport Ukroboronprom Grup (Ukraina) dalam laporan di “potensi militer Vietnam”. Dengan demikian, Vietnam dapat membeli pesawat tempur Su-34 dan beberapa senjata modern lainnya, dari negara eks Uni Soviet dan negara Eropa Timur lainnya.

Kabarnya ini bukan pertama kalinya tentang spekulasi kemungkinan Vietnam membeli pesawat tempur Su-34. 8 Januari 2013, kantor berita Itar Tass Rusia juga melaporkan informasi ini.

image

Dengan demikian, Vietnam Angkatan Udara pasti akan membeli Su-34 untuk menggantikan pesawat Su-22 yang usang. Saat ini, Angkatan Udara Vietnam masih mempertahankan banyak pesawat Su-22M4/UM3K bantuan Soviet dan sebagian dibeli dari tahun 1990-an.

Pesawat ini memiliki misi serangan untuk menghancurkan semua target di darat atau di laut dengan rudal ataupun bom. Bahkan, bila perlu mampu melakukan pre-emptive strike. Tuntutan perang modern kini sulit dipenuhi oleh Su-22 Vietnam karena usia teknologinya yang sudah tua.

image

Tidak hanya Rusia dan Ukraina, spekulasi tentang pembelian SU-34 oleh Vietnam juga sudah diberitakan oleh media China pada tahun 2012. Media itu mengatakan bahwa, setiap kali Rusia sepakat meng-ekspor SU-34, maka Vietnam akan menjadi pelanggan yang pertama.

Su-34 merupakan pesawat generasi 4+ yang mampu melakukan misi tempur di segala kondisi waktu, cuaca. Dengan kecepatan jelajah maksimum sekitar 1.900km/jam, jangkauan SU-34 diperkirakan 4.500 km.

Kokpit SU-34 yang dilengkapi dengan perangkat elektronik sangat modern, dirancang dengan dua pilot yang duduk berdampingan di fasilitas tempur. Dilengkapi dengan fungsi multi-display, kokpit memberikan pilot informasi tentang situasi multidimensi.

image

Elektronik pesawat dirancang dengan format komputer terbuka dan Su-34 mampu bertempur dengan beberapa musuh sekaligus. Dengan kapasitas bahan bakar yang sangat besar, Su-34 bisa terbang 4.500 kilometer tanpa mengisi bahan bakar.

Pesawat ini dirancang dengan tugas utama untuk serangan darat, tapi Su-34 tetap memiliki kemampuan udara yang tangguh. Dengan kemampuan untuk membawa sejumlah besar senjata, militer Rusia menjuluki pesawat ini dengan nama “tank terbang”.

Su-34 dirancang dengan 12 pylons (cantolan senjata) dan membawa senjata hingga 8.000 kg. SU-34 juga bisa dilengkapi dengan senjata presisi tinggi buatan Rusia terbaru. Fighter Bomber SU-34 juga membawa meriam 30 mm GSH-30-1 sama dengan pesawat Su-27 /Su-30.

baodatviet.vn

  68 Responses to “Vietnam Siap Beli Bomber SU-34”

  1. Top

    • Jangan kaget kita yg gembar gembor ingin, akan, rencana gak taunya vietnam beli duluan.

      • Kita msh suka yg mistis2 alias ghoibbeg

        • klo menurut saya,tidak mungkin TNI tenang2 aja sedangkan negara tetangga sudah mulai ngencengin otot,saya yakin TNI sdh memiliki alutsista gahar,walaupun kita tidak tahu,karena itu merupakan kebijakan TNI yang sdh sedari dulu tidak pernah menonjolkan alutsista terbukti pada jaman presiden soekarno punya banyak kapal selam klo ga salah 24 belum kapur itu di laut sedangkan di udara ada tupolev dan mig,apakah waktu itu rakya tahu,atau bangsa lain tahu?ya mereka tahu setelah di buka karena memang waktu itu kita sedang perang mempertahankan PAPUA.masih inget ga panglima mengusulkan BINTANG LIMA untuk SBY?bukan usulan yang sekarang ya,presiden dapat bintang lima tp setelah turun tahta rontok juga bintangnya,SBY ingin mensejajarkan SBY dengan Pak HARTO dan JENDRAL SUDIRMAN,itu berarti pertanta klo SBY ( ini analisa orang awam sj ya)SBY sudah menghadirkan ALUTSISTA gahar untuk AD,AL dan AU.

        • @ ybeng, kalo era 60an rakyat memang kurang byk tahu, ini krn teknologi informasi tdk semudah sekarang; saat itu paling banter siaran RRI ato surat kabar terbit hari ini kebaca minggu depan (telat datangnya) ūüėÄ

    • top dech buat vietnam ga kaya indonesia kebanyakan berita hoax nya doang …hehe

    • A1 bung narayana tuh kyknya nyomot punya vietnam deh kok beritanya vietnam semua yg gahar”

  2. Jakartagreater.com sedang proses pindah server, sehingga IP-nya juga ikut pindah.
    Yang kesulitan buka jkgr (mungkin yang platform mobile), silahkan bersihkan dulu cache-nya dengan masuk ke : Clear History and Website Data.

    Coba clear history dari website Anda.

    Salam

  3. Mantabz

  4. Koq Vietnam pesan Su-34 ke Ukraina, bukan ke Rusia?

  5. adu cepet sm indo deh sapa duluan yg dapet SU series

  6. vietnam bakal jadi negara asia pertama yang mengakuisi nich bomber. salut nich buat vietnam, walaupun baru rencana ..

  7. Itu pasti punya Indonesia …

    Indonesia Gaharrr !!!!!

  8. Vietnam keren….. tidak tanggung tanggung untuk kedaulatan negara.

    Dear bung Diego
    Bung apakah ada kabar terbaru sisa kedatangan leopard,marder,ceasar,astros,super tukano ? (MEF 2010_2014).
    Terima kasih

  9. Tetangga kita pada sedia payung,,
    Smentara negara kita sibuk korupsinya,,,
    Masalah dlm negri kian hari tambah byk,,
    Kapankah negri ini akan melahirkan pemimpin
    Yg revolusioner yg adil yg jujur, dan bijaksana

    Sehingga negri ini bisa memberi kmakmuran terhadap rakyatnya,, memberi perlindungan yg mumpuni kesetiap jengkal tumph darahnya. Sesuai cita2 para pahlawan kita yg sanggup meregang nyawa demi kmerdekaan bangsa ini.
    Tpi sayang generasi pemimpin kita lebih mementingkan periuk nasi dan kpentingan golongannya , shingga pertahanan pun lemah
    Hulu balang kita byk terkorban bkn di medan perang tpi karna alutsista yg uzur tinggalan nenek moyang kita,,,
    Sedangkan tetangga kita tidak, mereka sllu antisipasi , bkn terlena kyk pmimpin negri ini,
    Yg pepatah bilang,, jauh panggang dari pada api,, jauh skli dari harapan ,,
    Musuh sudah mengelilingi kita akankah kita hanya akan diam melihat negri ini kelak hancur seperti irak ,afganistan dan yg lainnya,,

    • Sibuk mempersiapkan PILKADA SERENTAK, untuk menancapkan basis basis partai, menggalang kekuatan pilpres 2019….
      gk penting jg ada kepala daerah, bansos di endep buat kampanye dia, yg dibenahi cuma saluran got sama batu beton trotoar…dr kepala daerah yg dulu ampes sekarang begitu aja…..

  10. Monggo d babar yg punya clue2..

  11. indo sih kebanyakan rencana mulu kpn realisasinya beli alutsista dari om putin ingat kita dah dikepung ama tetangga sekutu ASU kebanyakan mikir sih.rakyat & sumber daya alam kita harus dilindungi ama alutsista yg battle proven pokoknya para pembayar pajak ingin kita beli dari ruski.

  12. mantap vietnam.semoga indonesia jg mnyusul mngakusisi peralatan tempur gahar macam su 34,su 35,s400 dan kasel amur..ayo indonesiaku banguun !!

    • Tenang bung Adol , tidak hanya menyusul akan tetapi pionir juga di kawasan ….

      masih ingatkah pembelian yakhont ditutup rapat-2, tau tau udah test drive , setelah itu Vietnam jg beli

      dan tidak semua alutsista rahasia gampang dan mudah dipublikasikan , menyangkut rahasia dan keamanan Negara

      contohn saja KS , salah satu “silent” alutisista berikut ada sedikit cuplikan para pemegang KS nya

      =====================

      pocong syereem says:

      April 30, 2014 at 5:33 pm
      .
      hehehe‚Ķ intinya gini ya Bung, masa yang patroli di laut pedaleman kita cuma type 209/1300 dua biji doang sih? wong nyang satunya udah dijadiin KS latih masa nyang patroli satu doang keliling-keliling Nusantara, nyang bener aja ah‚Ķsakti bener kita kalo kayak gitu mah! masa ‚Äúklonengannya‚ÄĚ U-209 enggak diitung juga sih hehehe‚Ķ. nah nyang jaga areal luar laut kita mbok ya diitung juga‚Ķ jadi jumlahnya ‚ÄúTop Secret!‚ÄĚ alias itung aja ya sendiri‚Ķ hehehe‚Ķ banyak kok clue-cluenya di warjag ini. hehehe‚Ķ.
      ==================

      terbukti saja insiden bawean sudah tidak terulang kembali

  13. toubatt taubaaaaatt….. ketinggalan lagi ketinggalan lagi ampuuuun deh

  14. Mau donk “tank terbang“nya emhhh,,,, 4 Skuadron aja cukup,,,,hEe,hebat juga neh kepaLa flatipus

  15. si kurus mantan gubernur katanya pengen f8-f15, biar ada alasan nyembah ausi

  16. Swweeeelllllooooowwwww vrrooooohhh SU 34 a.k.a Platipus keren juga nih pesawat wah kalau RHAN bisa mencapai daya jangkau 400an km dan bisa dipasang ke ini cocor bebek bisa lihat kembang api di udara tiap bulan nih

  17. Indonesia biasa jd first mover asean, klo ad negara asean lain yg berencana beli sesuatu biasanya Indonesia udh make dluan.. i hope..

  18. ANEH YA…
    KOK VIETNAM SELALU MENDAPAT ALUTSISTA YANG DI IMPIKAN FORMIL SINI..!!

  19. Yg penting smangat

    • Antidot peralatan canggih vietnam, cina sudah antisipasi sebaliknya natuna menurut panda lebih kuat di bandingkan daerah lainnya, dikarenakan peralatan campuran yg digunakan….termasuk brunei strong….analisis warkop…bu gorengannya ..

  20. Percaya gak percaya AU merubah haluan kayanya ke Typhoon dengan pertukaran komoditi

    • Percaya bung typhoon diambil, tp yg jelas SU 35 juga diambil, infonya penjualan sekitar 40 unit SU 35 dibagi buat vietnam, venezuela dan negara kepulauan, nahbrebutan dah itu kita dapat berapa?

      • Kalo itu sih gak tau yah bung, saya hanya dpt info obrolan dengan org bisa saya jamin omongannya, katanya AU tertarik Typhoon, manuver gak kalah sama SU 35, tp mesin lebih awet dan irit. Dan katanya sih pembelian dengan opsi barter dengan komoditi..

  21. bomber ini yang mantapz.
    harus punya sebanyak bandara udara australia+malaysia+singapur+filipina+png+jumlah canbera class.ntar ditemukan beberapa skuadron(x) ditambah separuh x.
    #preemptive strike

  22. saya sangat senang kalau dengar berita tentang alutsista yang hoak hoek..karena saya yakin alutsista rahasia milik tni jauh diatas kemampuan alutsista negara kawasan.

  23. Ya ampun, kalah kita sama Vietnam ………………. contohlah

  24. beeh vietnam topmarkotop .. tiongkok aee kesalipp

  25. Ini baru pesawat mantap !!

    PG suspended.. JKGR RTO… ada apakah?

  26. ingat kuliah Kang Narayana dulu : apa yang Vietnam punya Indonesia juga punya.. apa benar demikian ?

  27. Besok penanda tanganan pembelian Su 35 . bocoran dr komisi 3 dpr ri

  28. Media itu mengatakan bahwa, setiap
    kali Rusia sepakat meng-ekspor
    SU-34, maka Vietnam akan menjadi
    pelanggan yang pertama. Katanya indonesia udh punya ko vietnam akan menjadi pelanggan yg pertama. Haduhh tepok jidatt

  29. Terus terang, sy kasihan dengan nasib Vietnam, kemiskinan negara ini menyebabkan dia hanya bisa membeli barang rongsokan Rusia. Argentina lebih cerdas dalam mengalahkan keterbatasan mereka, dengan membeli figther-bomber terhebat di dunia yaitu K-Fir dari Israel, walaupun second, figther sekelas K-Fir akan menimbulkan kepanikan musuh2 Argentina di kawasan. Adapun barang rongsokan Rusia hanya akan membuat Vietnam menjadi negara yang dikasihani, dibully dan diolok2 komunis karatan Cina……

    Ciaan de lu…

    • teman2 warjag, ini komentar terakhir ya… mulai detik ini juga kalo ada yonhap yg cerdas ini komentar nggak usah di koment yak.. kita cuekin aja.. biarin aja nanti juga ilang sendiri.. ganti nama trus provokasi lagi.. kalo ada yg provokasi pake nama lain pake bahasa indonesia atau malaysia atau apa itu si yonhap ini.. ane tau percis ni… soalnye si yonhap ini tetangga ane teman2, emaknya itu jadi lonte soalnya bapaknya gila akibat kaget baru tau kalo yonhap bukan anak biologisnya.. emaknya dulu di hamilin sama pasien rumah sakit jiwa pas lagi jenguk embahnya yg gila.. harap maklum ya teman2 si yonhap ini lagi depresi . . . jadi kalo koment itu asal… makasih teman2 warjag.. salam nusantara… nkri harga mati

  30. Salam kenal untk warjager smua, ikut menyimak dul

  31. woooowwww……..vietnam semakin didepan,indonesia cuma tertarik.

 Leave a Reply