Jan 102017
 

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf berjanji akan memburu 200 Tenaga Terja Asing (TKA) yang saat ini dilaporkan over stay di Jawa Timur dan menyalahi visa kunjungan.

Keseriusan memburu 200 Tenaga Kerja Asing yang saat ini dilaporkan over stay di Jawa Timur, disampaikan oleh Wagub Jatim, Saifullah Yusuf saat meresmikan pabrik keramik di desa Ngerayung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (09/01/2017).

Atas laporan itu, Wagub Jatim kini fokus mencari 200 TKA yang menyalahi peraturan Kementerian Hukum dan HAM ini. 200 tenaga kerja asing tersebut, telah terbukti melakukan over stay atau sering berpindah-pindah tempat tinggal.

Para tenaga kerja asing tersebut menggunakan visa kunjungan yang disalahgunakan untuk bekerja di sejumlah pabrik. Saifullah Yusuf juga membantah jika di Jawa Timur terdapat ribuan tenaga kerja asing.

Pihaknya justru meminta agar perusahaan tak mempekerjakaan buruh asing. Terkait perburuan 200 tenaga kerja asing ilegal, pemerintah propinsi Jawa Timur berupaya menggandeng serikat buruh di semua perusahaan agar tak segan melaporkan jika menjumpai tenaga kerja asing.

Selain itu, Saifullah juga meminta kepada TNI dan Kepolisian untuk mencari keberadaan 200 pekerja asing ilegal tersebut.

“Intinya, kami berkomitmen bekerjasama dengan semua unsur lapisan masyarakat termasuk serikat buruh untuk mencegah masuknya tenaga kerja asing ilegal,” tegas Saifullah yusuf kepada sejumlah media.

Sementara pendapat berbeda disampaikan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang menegaskan adanya tenaga kerja asing di sektor industri merupakan hal yang wajar. Menurut Airlangga, kebutuhan akan skill TKA di sektor industri biasanya dibutuhkan oleh perusahaan modal asing yang memang diperuntukkan bagi tenaga ahli.

“Jadi begini, karena sebagain peralatan produksi kita dari asing, maka operator tenaga kerja otomatis dari pelaksana tenaga asing itu pula. Namun demikian kehadiran para tenaga kerja asing ini, tetap dalam pengawasan pemerintah, agar sesuai prosedur,” papar Airlangga Hartarto.

Sampai saat ini, di Jawa Timur yang terdeteksi ada 200 pekerja asing ilegal. Selebihnya merupakan tenaga kerja asing yang legal sesuai peraturan Kementerian Hukum dan HAM. Ke-200 orang tenaga kerja asing ilegal itu diperkirakan masuk ke Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda.

Artikel Terkait :

  18 Responses to “Wagub Jatim buru 200 TKA Ilegal yang menyusup di Jawa Timur”

  1. Ayo gus ipul kejar mereka!!!

  2. TKA ilegal yg Meresahkan..

  3. tangkap!!!!! yg laki – laki di sunat dulu kasih tante mirna barang x dia minat .. yg perempuan asal cakep buat ane aja dah. sisanya buat tuan kambing….kalo yg udh tuir – tuir serahkan mbah – mbah aja…xicxixic

  4. Emangnya kok kenapa yah si chinok mau nyari kerja kesini, rakyat kita aja kesulitan nyari kerjaan disini, emangnya tuh daratan chino yg sebegitu luasnya gk bisa dijadikan lapangan pekerjaan? Weh payah si jinping,

  5. sisi positif berita hoax
    mendorong keseriusan pemerintah utk mengerebek warga negara asing ilegal
    salut buat intel yg sedang bertugas cyber war di internet

  6. TKA asal cinak, …………. AH ITU kan HANYA HOAK, …….. wk wk wk !!!

  7. Kata pak Luhut jangan sok nasionalis..TKA dari China itu cuma beberapa orang saja..Jd jgn kuatir..

  8. Saya yakin China komunis itu mau kirim jutaan prnduduknya ke Indonesia,dikirim secara diam diam dengan menyogok oknum2 pjbt Indonesia…Kemudian diam diam jd warga NKRI dgn KTP palsu berkembang biak di NKRi..Kemudian komunis China mengirim pula ahli senjata atau ahli militer yg menyamar..Dan kemudian bikin senjata secara diam diam..Dan tau tau jutaan komunis China didukung para penghianat dalam negeri ..Menusuk republik dari dalam…NKRI DALAM BAHAYA..AWAS BAHAYA LATIN KOMUNIS…

  9. mbah bowo mana nich kok sepi…..

  10. awas bahaya latin cino

  11. mereka ini turis, penyumbang devisa untuk negara, devisa digunakan untuk membeli 32 Su-35, tapi harus menunggu perjanjian makelar senjata selesai bulan September 2016

    ini berita hoax, jangan mudah percaya bung !!!

    mereka itu Turis Asing yang datang untuk berwisata …

  12. Ada 150 jt wisman china yg kunjung ke luar negri brooo….dan bnyak negara asing yg berlumba lomba untuk menarik mereka ke negara masing masing…..kalau ada sedikit masalah itu adalah efek dari kebijakan itu biasalah….yg penting kebaikan lbh bnyak dr kemudorotan…tp sy setuju sama wagub hrs sentiasa di cek dari masa ke masa….

  13. den tengok loghat @myd, bunyi macam lain, macam orang seberang agaknyer … tengah keje kat sane ker ?