Dec 182016
 

Hercules Hibah A1330 TNI AU

Jakarta – Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, mengatakan pesawat Hercules C-130 HS asal Australia yang jatuh di Wamena, Papua, masih layak terbang “Secara kelaikan pesawat ini layak terbang, sisa jam terbang 9000 jam terbang, semua kondisi layak terbang,” ujar Wakasau saat jumpa pers di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu.

Pesawat Hercules itu terbang dalam misi latihan, yakni dalam rangka peningkatan kemampuan penerbang.

Dalam latihan terbang ini, penerbang yang saat ini berstatus kopilot diuji untuk dapat menjadi Kapten Pilot. Hadiyan mengatakan, dengan uji terbang ini, maka penerbang akan dites untuk menghadapi ujian di alam Papua.

“Dan misi di Papua ini adalah tes. Uji coba salah satu latihan bahwa nantinya para penerbang ini mampu mengoperasikan di manapun berada,” ujar Hadiyan.

Ia menduga jatuhnya pesawat karena faktor cuaca. Namun demikian, jangan dijadikan patokan.

Menurut dia, dalam kecelakaan terbang ada lima faktor yang harus diinvestigasi dan perlu dianalisa, yakni manusia, material, media, misi dan manajemen.

“Jadi, jangan terburu-buru menyimpulkan karena perlu analisa. Kita sudah kirim tim investigasi. Pangkoopsau II akan memimpin langsung proses evakuasi di Wamena,” kata Wakasau.

Pesawat Hercules bernomor A-1334 yang dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon A Kawer diawaki 12 orang dan satu orang penumpang. Pesawat berangkat dari Timika pukul 05.35 WIT dan dijadwalkan mendarat di Wamena pukul 06.13 WIT. Namun pukul 06.09 WIT, pesawat mengalami lost contact.

Adapun nama-nama kru pesawat Hercules itu yakni Kapten J. Hotian F. Saragih (Penerbangan BR), Lettu Hanggo Fitradhi (Penerbangan II), Lettu Fajar Prayogo (Navigator I), Peltu Lukman Hakim (Juru radio udara).

Berikut Peltu Suyata (Juru mesin udara I), Peltu Khusen (Juru mesin udara II), Serma Khodori (Juru mesin udara II), Peltu Agung (Load master II), Serma Fatoni (Load master I), Serda Suyanto (Extra Crew), dan Peltu Agung Tri (Load master I).

“Sementara satu penumpang terusan dari Abdurrahman Saleh bernama Kapt Rino dari Satuan Radar 242 Tanjung Warari, Biak juga menjadi korban,” kata Wakasau.

Pesawat membawa Semen Ia menambahkan, pesawat yan diawaki 12 orang dan satu orang penumpang itu membawa Semen dengan berat sekitar 12 ton.

“Pengangkutan Semen tersebut resmi permintaan dari Pemprov Papua. Kegiatan pengangkutan dengan menggunakan pesawat TNI AU untuk membantu pembangunan di daerah,” katanya.

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  45 Responses to “Wakasau : Pesawat Hercules yang Jatuh Layak Terbang”

  1. aduh,,
    ikut berbela sungkawa, semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan..

    • kalo layak sih layak semua pesawat yg jatuh sebelum terbang pasti sudah dicek,tapi perlu diingat pesawat hercules yg jatuh itu hibah dari negara yg berpotersi menjadi musush kemungkinan dipasang alat yg bisa menonaktifkan fungsi elektronik pesawat apalagi upgradenya di australi, pilih murah dapat banyak begitulah hasilnya prajurit gugur sebelum perang…………..

      • lha amrik dan ausie sekutu ?

        jadi beli gres c-130j juga percuma, bisa dipasang alat yg bisa menonaktifkan fungsi elektronik pesawat xixi..

      • Paranoid kali ya sama aushit bung, gak tepat menurut saya kalau pesawat itu udah disabotase dari awal di australia, mungkin karena cuaca atau human error. Nuduh orang lain tanpa bukti dan gak berdasar juga ga baik bung hanya akan menghasilkan konflik yg berkepanjangan.

    • Ini pelajaran berharga bagi TNI AU lebih baik beli baru apalagi kita udah bisa bikin cn 235

    • DARI DULU SELALU LAYAK TERBANG. DAN ITU SELALU. JGN 2 PSWT HIBAH ITU ADA ALAT YG BISA BUAT DI REMOTE DARI USTALI.

      JANGAN JANGAN PESAWAT BOMBER TU-16 KITA YANG DI MUSEUM YOGYA MASIH LAYAK TERBANG JUGA.

    • SELALU YANG DI SALAHI CUACA ATAU PILOTNYA.

      INI PESAWAT DENGAN JULUKAN TERSERAM SEJAGAT.

      PETI MATI TERBAAAAAAANG……!!!!

  2. Ikut berduka cita…

    Bapak besar pesanan mu tumbang semua

  3. Sudah waktunya beli yang baru… walaupun retrofit.. tetap saja bekas.. Ini kehilangan yang besar.. pilot, calon pilot.. teknisi.. Semoga arwah seluruh korban diberikan tempat yang mulia di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan Aamiin YRA..

    • KALAU BELI BARU CUMA UNTUNG DIKIT MAS.

      KALAU BELI RETROFIT KAN BISA DPT UNTUNG LEBIH.

      DI JAMIN BISA DI MARKUP.

      TUCH KEMARIN ADA BRIGJEN YANG MASUK BUI .

  4. Turut berduka

  5. selalu layak terbang..2x nyata.y???? Turut prihatin….100x

  6. Indonesia itu Tidak pernah belajar dari pengalaman..meski katanya Layak terbang tp akhirnya jatuh karena yg namanya barang bekas tak sebagus yg baru..Indonesia jgn terlalu polos dgn barang hibah siapa tau yg ngasih hibah masang alat yg bisa merusak sistem..sudah banyak korban prajurit terlatih karena kesalahan pemerintah make barang hibah..grouded pesawat hibah jgn dulu dipake sebelum tau penyebabnya..

  7. jgn skali” trima brg bekas!!!!!!!!
    resiko trllu besar.

  8. Prihatin saya (1000x)

  9. @vans

    Masih terlalu dini untuk berspekulasi bung…berganti arah runway dimungkinkan apabila pada runway tsb visualnya kurang baik atau angin yang berubah arah jelang final approach

  10. pesawat rongsoknya pada nyungseb fansboynya juga ikut nyungseb 😀

  11. pesawat rongsoknya pada nyungseb fansboynya juga ikut nyungseb

  12. Sudah berapa banyak Alutsista TNI yang berguguran di era kepemimpinan Jokowi mulai dari helikopter bell, herkules, KRI Pati unus, F16, T50i hal ini seiring sikap Jokowi yang menggunakan militer sebagai tamengnya dan banyaknya pengaruh TNI di ranah sipil contohnya seperti mengalihkan isu politik dll. Entah apa ada sangkut pautnya atau tidak tapi hal ini terjadi secara bersamaan entah apa dosa TNI dan pemerintah atau ini peringatan atau sekedar cobaan.

    • Jangan ngelantur ! keseringan melamun di dalam toilet sih.

    • @arya

      Serius amat mas…

      Sampeyan itu mau ngasi tau apa nanya siy sebenarnya?

      Di klausul awal mengatakan kejadian ini gara2 jokowi…tapi dibagian akhirnya malah nanya: entahlah, ini ada sangkut pautnya tidak?

      Sekarang sudah jam 3…sebaiknya sampeyan makan siang dulu

    • mengalihkan isu politik bullshit bung, sekarang sedang giat2nya pembangunan infrastruktur di seluruh tanah air, emang ada masalah politik apa ?

      15 juta pki, 10 juta cina menyusup kemari ?
      ngapain ? pendapatan per kapita mereka lebih tinggi, 6416.18 USD vs 3834.06 US dollars !

    • arya @ gue mau nanya mengapa jaman sby kok bisa bersamaan banyak bencana terutama sunami ya? lhu bisa jawab tdk?

  13. Pembunuhan karakter, ,

  14. pemerintah harus segera mengusut rezim yg hobi membeli barang rongsok dan alutsusta odong odong kerena seringnya memakan korban jiwa

  15. salam takziah dari malaysia

  16. Turut berduka untuk kluarga para korban.. seharusnya jdi perhatian bner2,Klo pngen Beli hibah minim pesawatnya umur 14th,Klo umur Dh lebih mending Beli yg Baru,nanggung Kalo TNI Beli hibah dari negara lain,semisal Kalo umurnya 25th itu psawat uda reot,cuma dicat ulang body aja trs di museumkan .. jgn diterbangin.. selesai.. Hehe..

  17. Test

  18. faktoir cuaca buruk

    pegunungan berkabut

    medan yang berbahaya

    keluar masuk menembus awan gak kelihatan kalo ada tebing

  19. bekas autrali di buang ke indonesia dibilang layak pakai, hmm bagaimana jika kamu yg menaiki pesawat itu dan ketika kamu mati lalu mayatmu akan bangun dan mengatakan, ini layak pakai

  20. bekas autrali di buang ke indonesia dibilang layak pakai, hmm bagaimana jika kamu yg menaiki pesawat itu dan ketika kamu mati lalu mayatmu akan bangun dan mengatakan, ini layak pakai.

  21. Turut berduka cita, semoga jangan beli barang bekas dan second lagi, beli sedikit yg penting baru, sayang sdm tni au yg bagus2 gugur karena kebijakan keparat beli barang rongsok terus.

  22. Emang kita punya pesawat angkut baru jagan salah kan rezim bung kalian kira kondisi di papua itu sama kaya di jawa cuaca di sana tidak menentu bung

  23. Emang kita punya pesawat angkut baru jagan salah kan rezim bung kalian kira kondisi di papua itu sama kaya di jawa cuaca di sana tidak menentu bung. Kalo su 27 jatuh nyalahin rezim bpk besar rezim ibu jualan perusahaan bumn yaa

  24. a group of old retrofited herkies plus early block of falcons = a group of clay pigeons good enuf for flying in a skeet range

  25. Ya..harap di makumi…namax juga barang bekas

  26. Mau baru atau bekas semua berpeluang jatoh. Yang namanya musibah enggak akan memilih mana baru mana bekas. sudah ada contohnya.

  27. Asal komen aja wawasan dangkal. Kalau masih belum tau masalahnya apa sebaiknya ga usah berspekulasi yg aneh aneh seperti aushit sabotase herky kita lah supaya elektronik rusak, yg herky lah di bilang pesawat rongsok wkwkwkwk herky itu pesawat kargo paling letal dan batle proven loh dibilang rongsok wkwkwk oalah dek. Walau bekas itu pesawat masih layak dan dihitung jam terbangnya bukan hanya berapa tahun umurnya.

  28. Battle proven nih barang…borooooong yg banyak, sangat – sangat mematikan nih pesawat…!!! Barang bekas aja dah sangat mematikan apalagi yg baru..wiiih..seraaam..

  29. C130 bawa semen.
    Caribo bawa semen.
    *Ask

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)