Jan 032017
 

Berawal dari obsesi sejak kecil ingin menerbangkan sebuah helikopter, seorang bapak paruh baya di Kabupaten Jember, Jawa Timur tergerak untuk merakit helikopter sendiri.

Uniknya helikopter ini tersusun dari aneka barang barang bekas, termasuk mesin bekas kendaraan bermotor yang sudah tidak terpakai.

Suasana salah satu SPBU yang berada di desa Bago Rejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (02 Januari 2017) mendadak ramai dan riuh. Pasalnya di salah satu sudut SPBU ini, seorang pria paruh baya tengah sibuk merakit sebuah helikopter.

Ia adalah Setyo Hadi Sunarto, 52 tahun pengelola SPBU tersebut yang mempunyai ide membuat sebuah helikopter dari barang barang bekas.

Dibantu beberapa asistennya, Setyo Hadi mulai mengerjakan helikopter tersebut sejak dua bulan terakhir. Bahan bahan yang digunakan cukup murah karena terbuat dari barang barang tidak terpakai seperti besi bekas, roda hingga baling baling bekas.

Semua ide dan rancangan helikopter ini tidak di tulis, hanya keluar lewat arahan langsungnya. Tahap pembuatan helikopter yang diberi nama Heli Benata 127 ini sudah memasuki pengerjaan hampir 80% dan tinggal memasang bagian kecil yang ringan saja.

Helikopter ini di motori oleh dua mesin kendaraan penggerak baling baling besar ditopang oleh mesin berkapasitas 150 cc sedang baling baling kecil dimotori oleh mesin 80 cc.

Menurut Setyo Hadi Sunarto, meski dirinya tidak mempunyai keahlian di bidang aeromodeling namun dirinya yakin helikopter buatannya akan mulus landing dan take off setelah selesai nanti. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya asisten yang mengerti akan kemauannya

“Saya optimis, helikopter percobaan ini akan bisa terbang, meski nantinya harus terus dilakukan penyempurnaan, “paparnya kepada jakarta graater, Senin (02/01/2017).

Dalam pembuatan helikopter barang bekas ini Setyo Hadi telah mengeluarkan biaya sebesar delapan juta rupiah. jika pembuatan helikopter ini sukses dan dapat diterbangkan, kedepan bapak tiga anak ini akan membuat pesawat kecil dari barang barang bekas pula.

Artikel Terkait :

  41 Responses to “Warga Jember Rancang Helikopter dari Kumpulan Barang Tidak Terpakai”

  1. Setaraf apache longbow nih

  2. Patut diapresiasi…kalo bisa terbang

    • blok kop pesawatx pakek Tiger Revo Aja Kang…
      lebih tahan panas ketimmbang pakek mesin Fukuda…
      Kapan Kapan aq tak mampir kang n tak hibahkan Blok mesin Mega Pro Tahun 2005 masih gres kang..

  3. lanjukan pakde…
    GOODLUCK

  4. Boroooong

  5. litbang tni ad dan profesor surya malah udah buat sepeda motor terbang…namanya gyrocopter….kenapa gak diproduksi masal????sepeda motor terbang bisa buat patroli tni…isi bensin bisa di pom terdekaat

    • Teman saya malah punya “sepeda melayang”.
      Anaknya naik sepeda BMX ke rentalan game. Itu sepeda diparkir sembarangan dan tanpa dikunci. Sepeda pun “melayang” digondol maling sinting.

    • pernah ada yg mengatakn ngr ini ngr prototipe krn byk sekali prototipe2 yg tdk dilanjutkn, tapi kl dilanjutkn n dibuat dingr lain barulah semua kebakaran jenggot itupun kl punya jenggot kwkwkwkwkwkwk

  6. keren pak lanjutkan. ….sukses buat bapak

  7. cc yg gede dong

  8. Jangan dicegah semangatnya, sebaliknya ajak saja dia berkunjung ke PTDI.

  9. yooiii…
    sayang negara kurang memoles dan memberdayakan potensi2 bangsa

  10. kalau aja pengusaha dan penguasa mau mengapresiasi

  11. Siapa yang berani nerbangin itu yah ?

  12. Saya tunggu video uji cobanya.. kalao sukses.. saya order 2 buah helly kopter.. wiiich.. gaul jg pesenanku ni.. hihihi

  13. sepertinya mesinnya dari negara tiongkok ya? yang tiga roda itu… 😀

  14. yg seperti ini yg hrs didukung oleh pemerintah kususnya pemerintah daerah, krn dr kreatifitas n kemauan yg kuat apapun tdk ada yg tdk mungkin, jgn tambah dihina atau tdk boleh dilanjutkn.

  15. di tunggu uji terbangnya MAS, mudah2n sukses terbang mulus, ..

  16. pasti org2 dr kementrian atau dpr terkait pasti ngomong tdk ada izin terbang, tdk memenuhi standar keselamatan & keamanan jd tdk layak terbang, kalau tdk mematuhi aturan yg ada pasti di sita lalu di hancur jd besi tua kayak tv rakitan kusrin

  17. lancrooooooken

  18. Dengan mesin rotor utama dan ekor yang berbeda, apa tidak mempersulit perhitungan putaran masing2 rotor.

  19. semangat bapak ini patut dapat 4 jempol……masalahnya…orang sudah mo bolak balik Mars…kita baru sebatas bikin heli segini…mana ahli ahli kita yg dulu ? kembangkan satu perusahaan khusus buat bikin heli dong…jadi PTDI bias konsen dengan fix wing.

  20. Ide nya mantappp josss …
    semoga sukses dan bisa terbang,
    baiknya pakailah engine yg gress supaya tahan lama & lebih aman buat pilotnya.

  21. serinya AWW CEBAN

  22. lanjutkan kang“`
    kapan kapan aq tak mampir

  23. selamat brkarya anak bangsa smg tangan2 hebatmu terulur smpai ke generasi brikutx,, gagal atw brhasilx karyamu tetaplah brkarya.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)