Aug 182016
 

Ribuan warga suku tengger dilereng gunung bromo kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menggelar upacara bendera di lautan pasir atau Kaldera pada rabu siang, 17 Agustus 2016.

Ratusan warga suku tengger yang menunggang kuda sambil membawa bendera merah putih ini turut menjadi peserta upacara kemerdekaan RI (foto:jakartagreater/makrsman)

Ratusan warga suku tengger yang menunggang kuda sambil membawa bendera merah putih ini turut menjadi peserta upacara kemerdekaan RI (foto:jakartagreater/makrsman)

Upacara peringatan hari kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia ini diikuti sedikitnya 8.000 warga di lautan pasir gunung bromo, desa Ngadisari kecamatan Sukapura kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Upacara yang digelar di area lautan pasir ini dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, tokoh daerah, aktifis dan sejumah organisasi kepemudaan serta komunitas motor bikers juga turut hadir sebagai peserta upacara.

Upacara di lautan pasir Bromo, kata dia, digelar di lokasi aman, yakni 1 kilometer dari bibir kawah Bromo sesuai arahan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Gunung (PVMBG).

Menariknya pada upacara kali ini warga suku tengger mengenakan pakaian adat dilengkapi dengan peserta upacara dari pasukan berkuda. Upacara kemerdekaan yang pertama kali digelar dilautan pasir secara besar-besaran ini, bahkan juga dihadiri oleh menteri lingkungan hidup dan kehutanan/ Siti Nurbaya Bakar yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam Sambutanya Siti Nurbaya mengatakan bersama sama merayakan kemerdekaan ditengah masyarakat adalah wujud nyata usaha membangun bangsa secara kongkrit yaitu bersatu berdaulat adil dan makmur.

Formasi angka 71 bentukan dari ratusan warga suku tengger di kaldera gunung bromo (foto:jakartagreater/marksman)

Formasi angka 71 bentukan dari ratusan warga suku tengger di kaldera gunung bromo (foto:jakartagreater/marksman)

Sementara dalam perayaan tersebut, Sucipto, salah seorang warga suku tengger berharap kemeriahan perayaan kemerdekaan semestinya dibarengi dengan kesejahteraan warga, terutama infrastruktur jalan dan perekonomian warga pasca ditimpa erupsi berkepanjangan gunung bromo.

“Kami harapkan ada perhatian dari pemerintah untuk perbaikan infrastruktur, agar para wisatawan yang berkunjung kemari menjadi meningkat,” tuturnya kepada Jakartagreater.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengapresiasi tingginya persatuan dan kesatuan warga yang bermukim di lereng gunung bromo. Siti nurbaya juga berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan warga tengger utamanya pelaku wisata dan konservasi alam.

Warga suku tengger berharap kegiatan serupa juga digelar pada tahun tahun mendatang. Upacara bendera kemudian ditutup dengan tabuhan alat musik tradisional khas suku tengger dan formasi bendera oleh ratusan warga suku tengger yang terlhat dari udara membentuk angka 71 simbol angka Kemerdekaan RI.

Selain itu, juga bentangkan bendera merah putih berukuran raksasa mendampingi barisan warga yang membawa bendera merah putih sehingga membnetuk formasi angka 71. (marksman)

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Warga Suku Tengger Gelar Upacara Kemerdekaan RI di Lautan Pasir Gunung Bromo”

  1. TENGGER MANTAAAAAAAF……………………………………

    • Alhamdulillah….. nais inpo bung Don Juan….

      Ternyata sebegitu besar cintanya warga Palestina terhadap Indonesia…..

      Jazakumullah Khairan Katsiran, semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak, amiiin…

  2. pertahankan budaya dan ke asrian mu pertahankan warisan dan tanah kalian suku tengger

  3. kasian malon bodoh merdeka dengan mengemis british, kasiaan kasiaaan kahkahkahkah

  4. Berapa meter ukuran bendera nya itu yg gede? Kok tumben gak disebutkan?

  5. malon beruk kemerdekaanya dikasih penjajah sih habis jilatin pantat british sampai bersih

    jadi gak ada yang istimewa kalo nanti malon negara gagal total rayakan hari jadi kemerdekaannya kahkahkahkah

    • ayolah malon mana komen teksi teksi kalian, apa perlu aku pancing pake pisang dulu

      mana itu malon yang pake nick teksi teksi tak berani muncul lagi kahkahkahkah

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)