Feb 092017
 

ATHENA – Yunani telah mengambil langkah awal menuju upgrade jet tempur F-16 yang dimilikinya dan pada saatnya akan membeli jet tempur generasi kelima F-35. (Ekathimerini)

Sebagaimana diungkap oleh Departemen Pertahanan Yunani kepada pers pada hari Selasa (07/02/2017). Wakil Menteri Pertahanan Panos Kammenos mengatakan bahwa keputusan itu diambil sesuai dengan rekomendasi yang dibuat oleh Panglima Angkatan Bersenjata Yunani.

Langkah selanjutnya yang akan diambil adalah melakukan upgrade pada jet tempur F-16 yang dimiliki Yunani, kemudian menginformasikan kepada pemerintah AS mengenai kepentingan Yunani untuk membeli jet tempur siluman F-35 dan pada akhirnya menyepakati pemeliharaan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh S300 milik Angkatan Bersenjata Yunani.

Keputusan yang diambil oleh Kammenos diambil setelah adanya tekanan dari para pemimpin Angkatan Udara Hellenic untuk segera melakukan modernisasi bagian terpenting dari armadanya.

Jika F-16 di upgrade menjadi varian F-16 Viper, maka mereka akan kompatibel dengan F-35, sehingga Yunani harus melanjutkan pembelian jet tempur generasi kelima tersebut.

Menteri Pertahanan Yunani pada hari Selasa telah menandatangani surat permintaan untuk melanjutkan pekerjaan tersebut. Upgrade ini juga akan secara signifikan memperpanjang umur dari jet tempur F-16 milik Yunani.

Biaya upgrade seluruh armada jet tempur F-16 Yunani diperkirakan antara USD 1,7 – 2 milyar. Pembayaran biaya ini akan dilakukan secara bertahap. Setiap jet tempur F-35 saat ini seharga USD 80 – 100 juta.

Yunani akan segera mengirim surat permintaan lain untuk mengkonfirmasi berapa banyak pesawat tempur buatan Lockheed Martin akan dibeli oleh Athena.

Hingga saat ini kesepakatan untuk pemeliharaan sistem rudal S300 masih belum jelas. Selama beberapa bulan terakhir, telah ada banyak diskusi tentang upgrade sistem radar S300, yang akan memberikan peningkatan jangkauan dan akurasi, mendekati kemampuan versi terbaru dari sistem pertahanan udara buatan Rusia yaitu S400 Triumf.

JakartaGreater

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  16 Responses to “Yunani Upgrade Jet Tempur F-16 Menjadi Viper”

  1. Mantap Yunani menyediakan $ 2 milyar buat upgrade jadi F-16 Viper
    Emang Yunani punya banyak F-16 ya???

    • Mau Viper atau mau Ziper…biarin saja.
      kalau masih kurang nih punya kita hibahkan saja ke yunani.

      lupakan produk barat dengan segala tetek bengeknya.

      saatnya kita berpaling ke uncle Putin.

      su-35 maju terus walau 20tahun lagi baru datang.

  2. keputisan yang bagus upgrade F16
    F35 terlalu mahal

    • Walah…. Produk gagal malah dibanggakan, dan yg jd korban malah F16, wkwkwkwk
      Dan kalo dipikir-pikir, emang gimana cara F35 menghancurkan Belasan F16? Sedangkan F35 sendiri hnya dilengkapi oleh 4 rudal BVR 😀 masa iya mengandalkan Cannon? Dogfight gituh? Wkwkwkwk

      • Bukan begitu maennya bung @Jfs, F-35 pertama yang bawa 4 rudal BVR langsung lock 4 F-16 dan menembak keempatnya, kemudian F-35 pertama putar balik dan saling bertepuk tangan dengan F-35 kedua, F-35 kedua hingga F-35 keempat melakukan hal yang sama seperti F-35 pertama… Tapi sayang saat F-35 keempat akan menembakkan rudal BVR terakhir (keempat) ternyata sudah abis waktunya 😛 hahahah

        Jadi skor akhirnya 15:1, karena F-35 keempat tak sempat putar balik, jadi dihitung hancur 😛

        • Yang menghabisi F-16 bukan f-35 oom…

          F-35 hanya mjd “cepu” bg F-22, krn sifatnya yang siluman, F-35 bisa mendeteksi posisi F-16 tanpa disadari (ibarat ada bau, tapi tak tampak wujudnya)

          Info koordinat F-16 ini diteruskan ke F-22 dg datalink yang segera memangsa F-16 scr siluman.

          Gak seru ya perang ginian…

    • Klo skornya 15:1 berarti sumber beritanya dari situs berita Rusia, klo skornya 17:1 berarti beritaya dari situs berita Barat 😀 hahaha

  3. Om Tes tanya pada siapa Om….

  4. hmmm … menjadikan laboratrium oprek S300,…gratisan oleh amrik…

  5. Gmn cara ekonomi yunani bs bangkit dlm sekejap! Setaon lalu negara ini kan negara dinyatakan kolaps alias hamsiong alias bangkrut, nah skr tiba2 mau upgrade f16 mnjadi viper, biayanya kan ga sdkit…jgn2 jgn2!!!xixixiix

    • Siapa bilang Ekonomi Yunani bangkit? Lagipula yunani itu anggaran untuk militer memang tdk main2, mereka tdk perduli walopun ekonomi mereka amblass yg penting militer kuaaat 😀

    • maklum bung, kadang berita merupakan kebalikan dari kenyataan, ambruk dinyatakan bangkit dan yang bangkit dinyatakan ambruk 😀 smua ada skenarionya… hehehe

    • yunani kan masuk kawasan eropa, jadi dibela2in supaya ga lepas uni eropa. sehingga dpt kucuran dana dari negara2 eropa.

  6. Upgrade F-16 dan upgrade S300….

  7. UPGRADE = NAIK KASTA
    DOWNGRADE = TURUN KASTA

    MEGA KARTI anak alay mode on …

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)