10 Perwira Ikuti Kursus Calon Komandan Kapal

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 21 November 2020.

JakartaGreater – Setelah menerima teori tentang Tata Cara Pengendalian Kapal selama 1,5 bulan di Kolat Koarmada II, maka 10 perwira TNI AL yang terpilih untuk mengikuti kursus Calon Komandan Kapal melaksanakan uji Manuver Lapangan Olah Gerak Kapal (OGK) di Dermaga Madura pada, 20-11-2020, dirilis Pen Koarmada II.

Dalam praktek OGK ini, para peserta kursus menggunakan KRI Tombak-629 yang di komandani oleh Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo, M.Sc., untuk berlayar melewati perairan Selat Madura, dan diakhiri manuver lepas-sandar di Dermaga Madura tepatnya di depan Gedung Nala.

“OGK adalah cara mengendalikan kapal secara akurat menggunakan sumber daya kapal yang dimiliki, dengan memperhatikan faktor luar yang mempengaruhi, ” ujar Letkol Nurulloh yang terjun langsung sebagai instruktur pada materi tersebut.

“Keterampilan mengolah-gerakkan kapal merupakan kombinasi antara teori dan seni”, ujarnya.

10 Perwira Ikuti Kursus Calon Komandan Kapal

Sementara masing-masing siswa pada latihan tersebut diberikan kesempatan secara bergiliran untuk mengendalikan kapal dan merasakan efek yang dihasilkan secara langsung, diantaranya adalah akselerasi dan de-akselerasi kapal, kemampuan radius putar kapal dan sebagainya.

Sedangkan menurut Komandan Kolat Koarmada II, Kolonel Laut (P) Mulyadi, S.E. selaku pimpinan latihan mengatakan, jika OGK adalah kesempatan yang berharga bagi para siswa karena bisa melaksanakan latihan secara proper sebelum menempati tugas yang sebenarnya.

Terpisah, Panglima Koarmada II, Laksda TNI I.N.G Sudihartawan mengungkapkan, bahwa profesionalisme prajurit di segala bidang harus terus dilatih dan dijaga sebagai wujud pertanggung jawaban terhadap Tugas Pokok TNI yang diemban, serta dalam rangka mendukung program prioritas Kasal yakni pembangunan SDM TNI AL yang unggul.

Tinggalkan komentar