Satlinlamil dan Kopaska Gelar Latihan VBSS

lat

Latihan anti pembajakan kapal atau Visit Boarding Search Seizure digelar oleh Prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. Latihan yang dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit ini juga melibatkan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmabar.

“VBSS merupakan suatu kemampuan yang sangat penting dan vital dalam pelaksanaan penegakan hukum di laut Nusantara. VBSS juga merupakan alat penangkal dan lawan bagi setiap upaya pelanggaran ataupun tindak pidana di laut baik itu berupa pembajakan dan penyelundupan yang menggunakan laut sebagai medianya,” ujar Dansatlinlamil Jakarta, kepemimpinan Kolonel Laut (P) Andi Abdul Azis, Selasa (15/11/2016).

Latihan VBSS merupakan sebuah latihan yang terbagi dalam tim kecil namun memiliki kemampuan untuk bergerak secara taktis, defensive, memukul mundur lawan, melumpuhkan musuh, dan berbagai macam ketrampilan lainnya. VBSS juga merupakan bagian dari latihan pemantapan bagi para personel Awak Buah Kapal (ABK) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Latihan yang akan dimulai pada, Rabu (16/11) ini akan mengambil skenario pembajakan di atas KRI Tanjung Nusanive 973.

Sumber : Elshinta.com

0 Shares

Tinggalkan komentar