Amerika Tuduh China Lemahkan Militernya

F041306PM-0035.JPG

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mencurigai China telah melakukan pelemahan terhadap militer AS, termasuk melemahkan industri pertahanan AS melalui mata-mata. Kecurigaan itu muncul dari laporan tahunan U.S.-China Economic and Security Review Commission.

Dalam laporannya China disebut sebagai ancaman nasional bagi AS. Pergerakan mata-mata China diduga sudah masuk ke dalam beberapa organisasi pertahanan AS. Laporan juga meminta Kongres AS agar melarang badan usaha milik negara (BUMN) China untuk membeli perusahaan AS.
Komisi penasihat pemerintah Amerika Serikat (AS) juga meminta Kongres untuk mendukung Angkatan Laut AS melakukan patroli kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan, wilayah yang hampir seluruhnya diklaim oleh China.

“Mengingat peningkatan kemampuan angkatan strategis, penguatan kerja pasukan operasi khusus, peningkatan kemampuan kapal dan pesawat, serta pengalaman yang lebih sering dan operasi canggih di luar negeri, China juga mungkin lebih cenderung untuk menggunakan kekuatannya guna melindungi kepentingannya,” tulis laporan tersebut.

Kongres di Amerika juga meminta agar pemerintah AS memperhatikan warganya yang berada di China, karena tidak menutup kemungkinan China merekrut warga AS untuk menjadi mata-mata mereka.

Sumber : okezone

Tinggalkan komentar