Taiwan Upgrade F-16 A/B Menjadi F-16 Viper

Taiwan akan meng upgrade pesawat tempur F-16 A/B miliknya menjadi standar F-16 V. Sebagai bagian dari program pengembangan industri pertahanan dalam negeri, Departemen Pertahanan Taiwan akan menyelesaikan upgrade empat F-16 pada tahun depan. Upgrade pertama yang menjadikan F-16 A/B tua miliknya menjadi F-16 Viper.

Aerospace Industrial Development Corp (AIDC) Taiwan dengan dukungan penuh Locheed Marten akan menyelesaikan upgrade 25 sampai 28 pesawat tempur F-16 setiap tahun hingga total 144 F-16, termasuk 10 F-16 yang ditempatkan di sebuah pangkalan di AS. Upgrade tersebut diperkirakan baru dapat dapat diselesaikan pada tahun 2023.

Program Phoenix Rising Project atau program upgrade F-16V diperkirakan akan menghabiskan anggaran hingga sebesar US $ 3,45 milyar. Dua F-16 Taiwan saat ini juga sedang dalam pengerjaan peningkatan kemampuan oleh Lockheed Martin di AS dan telah dilengkapi dengan radar active electronically scanned array (AESA). Lockheed Martin juga akan mengawasi penuh proyek retrofit yang sedang dilakukan oleh AIDC di Taiwan.

Program upgrade tersebut sangat penting demi meningkatkan kemampuan armada pesawat tempur F-16 Taiwan yang semakin tua dan ketinggalan jaman. Sebagai catatan, pada bulan Januari satu pesawat F-16 A/B jatuh disebuah pangkalan militer AS selama melakukan misi pelatihan rutin yang menewaskan pilotnya, Mayor Kao Ting-cheng .

Sharing

Tinggalkan komentar