Korvet Type 056A – Kini Semakin Mematikan dengan Rudal Yu-8

China kini sudah melengkapi korvet Type 056A Jiangdao class dengan kemampuan peperangan bawah laut yang lebih mumpuni. Berbeda dengan korvet Type 056 yang lebih multirole, Type 056A memiliki kemampuan khusus sebagai ‘pembunuh kapal selam’.

Jika sebelumnya untuk peperangan anti kapal selam hanya dilengkapi torpedo standar 324 mm, kini Type 056A terlihat sudah dilengkapi dengan rudal torpedo yang sangat mungkin adalah Yu-8. Berbeda dengan torpedo standar yang memiliki jangkauan lebih rendah dan lebih mudah diantisipasi kapal selam musuh karena harus melesat dipermukaan atau dibawah air, rudal torpedo Yu-8 yang memiliki jangkauan lebih jauh – 50-60 km akan lebih sulit diantisipasi kapal selam musuh karena Yu-8 melesat di udara dan saat dekat dengan targetnya, rudal akan menukik, menembus permukaan laut dan meledakkan kapal selam tanpa musuh sempat menyadarinya.

Korvet Type 056A berbobot penuh lebih dari 1.300 ton, dikembangkan dan dibangun sendiri oleh China secara mandiri. Korvet Jiangdao class dirancang dengan desain stealth yang membuatnya sulit dideteksi radar musuh. Selain dilengkapi persenjataan empat rudal anti-kapal YJ-83 (2×2 peluncur) dengan meriam utama kaliber 76 mm, Jiandao class dilengkapi dengan 6 torpedo 324 mm (2×3 peluncur), serta sonar kedalaman dan towed sonar, dan kini dilengkapi dengan rudal torpedo Yu-8 (konon mirip dengan rudal SS-N-12 Rusia).

https://youtu.be/O_CYzyHobHE

Dan kini dengan keberhasilan China mengembangkan dan menyebarkan rudal Yu-8 secara penuh, maka kapal selam musuh kini harus lebih berhati-hati apabila berhadapan dengan korvet Jiangdao class – si pembunuh kapal selam.

JakartaGreater