Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris

Sejumlah pasukan Kopaska beraksi bersama helikopter saat simulasi penanganan teroris di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 1

Simulasi yang dilakukan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut ini berawal dari adanya laporan bahwa terjadi pembajakan depo Pertamina oleh kawanan teroris. Selain membajak, para teroris juga menyandera salah satu kapal motor penumpang (KMP) Mutis yang sandar di Pelabuhan Ketapang serta mengancam akan meledakan pelabuhan itu.

Sejumlah anggota Kopaska mengamankan Pelabuhan Ketapang dari ancaman teroris di Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 2

Satu helikopter dan anggota Kopaska TNI Angkatan Laut berada di atas dermaga untuk mengamankan aksi teroris di KMP Mutis di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 3

Setelah mendengar laporan tersebut, Pasukan elit Kopaska gabungan dari Armada Wilayah Barat (Armabar) dan Armada Wilayah Timur (Armatim) langsung bergerak mengepung depo pertamina dan KMP Mutis di Pelabuhan Ketapang yang mulai terbakar.

Satu helikopter menurunkan anggota Kopaska di atas KMP Mutis yang dibajak teroris di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 4

TNI Angkatan Laut Komando Pasukan Katak (Kopaska) bersiaga saat simulasi penanganan teroris di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 5

Anggota Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) TNI Angkatan Laut bersiap menjinakkan bom saat simulasi ancaman bom di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 6

Sejumlah awak kapal memadamkan api yang membakar KMP Mutis saat simulasi penanganan teroris di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 7

Setelah melumpuhkan teroris dan memadamkan api yang membakar kapal, tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dengan sigap mencari bom. Seketika juga bom berhasil diamankan dan langsung diledakan di tempat yang aman.

Sejumlah anggota TNI Angkatan Laut Banyuwangi bersiap menghalau aksi huru-hara di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 8

Sejumlah anggota TNI Angkatan Laut menghalau para pendemo saat simulasi penanganan huru-hara di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 9

Anggota TNI Angkatan Laut mengevakuasi korban saat terjadi huru-hara di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Simulasi Aksi Kopaska TNI Angkatan Laut Menumpas Teroris 10

Selain simulasi penyergapan, juga diadakan simulasi cara prajurit TNI Angkatan Laut menangani demonstrasi yang anarkis dengan membekuk provokatornya.

Simulasi yang melibatkan sebanyak 70 pasukan Kopaska dan 120 Anggota TNI Angkatan Laut ini merupakan simulasi latihan puncak Kopaska terpadu gabungan dari Armabar dan Armatim untuk melindungi objek vital, karena lokasi tersebut tempat penyeberangan menuju ke pulau Bali yang merupakan etalase pariwisata di Indonesia.

Sumber: Antara/ Budi Canda Setya

Leave a Reply