Gentar Dengan Su-35, Spanyol dan Portugal Kerahkan F-18 dan F-16 Sekaligus

cx4xm71w8aib-w3

Pesawat tempur Su-35 Rusia menimbulkan kewaspadaan tinggi dari Angkatan Udara Spanyol dan Portugal setelah melakukan penerbangan mendekati wilayah udara Spanyol. Angkatan Udara Spanyol mengerahkan dua jet tempur F-18 dan Portugal mengerahkan satu F-16 yang berbasisi di Torrejón (Madrid) dan Zaragoza.

Manuver mengawal pesawat tempur musuh yang disebut “scramble” dimaksudkan untuk memantau pesawat tempur yang mencurigakan pada jarak yang aman. Pesawat Tempur F-18 Spanyol hanya melakukan pengamatan saja pergerakan Su-35 tanpa melakukan penyergapan.

Dua F-18 terus bergerak hingga ke Laut Cantabria sejalan dengan jalur penerbangan Su-35, sedangkan pesawat tempur F-16 Portugal juga terus mewaspadai pergerakan Su-35 di sepanjang pantai Atlantik.

Sesaat ketika Su-35 mulai mendekati Selat Gibraltar, dua F-18 Spanyol mulai meningkatkan kewaspadaannya. Namun, setelah Su-35 Rusia mulai dekat dengan pangkalan Angkatan Laut Rota Spanyol, Su-35 berputar balik melakukan perjalanan pulang melintasi rute yang sama.

Su-35 adalah pesawat tempur terbaik Angkatan Udara Rusia dan jauh lebih unggul dari F-18 Spanyol. Pesawat tempur hasil pengembangan dari Su-27 ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pesawat tempur generasi – 4 milik Eropa, termasuk dalam hal kehandalan, kecepatan, biaya, manuver, payload dan kemampuan tempur.

Tinggalkan komentar