Menteri Pertahanan: “Program KFX/IFX Jalan Terus !”

Disain KFX Korea Selatan (KIA)
Disain KFX Korea Selatan (KIA)

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menugaskan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) merancang dan mengembangkan  pesawat tempur dan PT PAL menggarap kapal selam canggih.  Menteri Pertahanan  menjelaskan, PTDI saat ini dalam proses mengembangkan desain pesawat tempur canggih sekelas F22 bersama Korea Selatan.  “Pilihannya adalah F-22 atau naik ke F-35,” ujar Purnomo Yusgiantoro, Senin (12/8/2013).

Program pengembangan yang bernama Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) tetap berjalan, meski pemerintah Korsel sempat menghentikannya sementara.  Indonesia mengambil porsi pembiayaan hingga 20% dari total anggaran proyek, untuk pengembangan jet tempur KFX/IFX.

“Dulu kita sudah siapkan skema pembiayaan dan DPR sudah setuju. DPR kan sudah lihat desain kita yang di Bandung. Hanya kita nunggu dari Korea. Ini kan pemerintahan baru, nanti akan ada hubungan 60 tahun Indonesia Korea. Kita akan menandatangani pengukuhan kerjasama pertahanan,” tambahnya.

Disain Pesawat IFX PT DI (photo: detik.com)
Disain Pesawat IFX PT DI (photo: detik.com)

Selain PT DI, BUMN lainnya yakni PT PAL siap menerima penugasan untuk mengembangkan kapal selam canggih bersama Korea Selatan. Pada tahap awal dua unit kapal selam diproduksi di Korea Selatan. Kemudian PAL akan memproduksi sendiri kapal selam canggih di galangan kapal di Surabaya Jawa Timur pada tahun 2015 atau paling lambat tahun 2016. Untuk itu galangan kapal di Surabaya akan direnovasi, dibuatkan hanggar  tempat pembuatan kapal selam. (detik.com)

0 Shares

Tinggalkan komentar