Lion Air Beli 50 Pesawat N219 PT DI

Lion Air akan Pesan 50 unit N-219 PTDI (Photo: PTDI)
Lion Air akan Pesan 50 unit N-219 PTDI (Photo: PTDI)

Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana menyatakan  perusahaannya berencana beli 50 unit pesawat perintis N219,  buatan PT Dirgantara Indonesia (DI), Senin 12 Agustus 2013. Pernyataan ini disampaikan Rusdi Kirana saat bersilaturahmi pascaLebaran ke kantor kementerian BUMN, Jakarta. . Rusdi mengatakan tujuan kedatangannya  adalah menyampaikan langsung kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan mengenai rencana pembelian N219 itu secepatnya.

“Kami ingin bekerjasama dengan PT DI,” ujar Rusdi.

Dahlan Iskan pun menjelaskan Rusdi berniat menggunakan N219 untuk armada Lion Air karena ingin mendukung pengembangan pesawat buatan anak bangsa.

“Beliau ini kan beli pesawat banyak dari luar negeri, jadi ingin ikut kembangkan PT DI dengan membeli pesawat PT DI di yang betul-betul menjadi kebanggan,” kata Dahlan usai acara silaturahmi.

Dahlan menjelaskan, saat ini model yang menjadi contoh atau prototipe N219 sedang dikembangkan dan ditargetkan selama 2 tahun pesawat ini sudah diproduksi.

“Perundingannya masih panjang tidak seperti beli kerupuk,” kata Dahlan.

Jika niatan ini terealisasi, Lion Air akan menjadi pelopor maskapai penerbangan swasta yang mengembangkan produk Indonesia. Dahlan berharap hal ini diikuti oleh maskapai penerbangan lainnya.

Maket Pesawat N-219 PTDI, saat Pameran HUT BPPT di Jakarta (photo:Antara/Dhoni Setiawan)
Maket Pesawat N-219 PTDI, saat Pameran HUT BPPT di Jakarta (photo:Antara/Dhoni Setiawan)

Pesawat perintis ini, Dahlan menambahkan, akan digunakan oleh Lion Air untuk melayani penerbangan rute kawasan Indonesia Timur. Selama ini, penerbangan jalur tersebut didominasi oleh maskapai plat merah Merpati Airlines.

“Tidak untuk menggantikan, cuma berapa rute, ini kan besar, bukan kecil. Merpati sekarang kan sedikit sekali,” kata Dahlan.

Rusdi pun menjanjikan akan menpromosikan pesawat PT DI di pasar Internasional. (vivanews.com/ren)

0 Shares

Tinggalkan komentar