Pesawat Tempur Typhoon Pesanan Oman Uji Terbang

BAE Systems menguji terbang dua pesawat tempur Eurofighter Typhoon yang dirancang untuk Angkatan Udara Oman. Eurofighter Typhoon berkursi ganda dengan nomor seri NT001 dan NT002 terlihat belum memiliki cat tanda pengenal.

Pada Desember 2012, BAE System telah menandatangani kesepakatan senilai US$ 3.1 miliar untuk pembelian 12 pesawat tempur Eurofighter Typhoon (10 berkursi tunggal dan 2 berkursi ganda) dan 8 pesawat latih Hawk AJT untuk Angkatan Udara Oman.

Kerajaan Oman memesan Eurofighter Typhoon dalam konfigurasi Tranche 3 di jalur perakitan BAE Systems di Wharton, dan pengiriman sudah harus dilakukan pada tahun 2017-2018. Thyphoon Oman nantinya akan dilengkapi dengan radar AESA tercanggih Euroradar E-Scan.

Oman menjadi pelanggan kedua dari pesawat tempur Eurofighter Typhoon di kawasan Teluk setelah Saudi Arab (dengan 72 pesawat). Pada tahun 2016 BAE System juga membukukan kesepakatan pembelian dengan Kuwait yang memesan 28 pesawat, pengiriman yang akan dilakukan di jalur produksi Italia (perusahaan Finmeccanica-Leonardo).

Leave a Reply