Phaser Penangkal Drone Lawan

Phaser, sistem senjata anti drone (sumber : popular mechanics)
Phaser, sistem senjata anti drone (sumber : popular mechanics)

Penggunaan drone atau pesawat tanpa awak di medan perang memang semakin popular. Bahkan, di medan perang seperti Suriah, drone dimanfaatkan untuk melakukan pengintaian terhadap musuh, tidak jarang drone juga dimanfaatkan untuk melakukan aksi bom bunuh diri.

Melihat perkembangan ini, militer Amerika Serikat (AS) kemudian mengembangkan sebuah unit yang diberi nama Phaser. Unit yang dibentuk sejak tahun 2013 ini memiliki tugas utama untuk mendeteksi keberadaan pesawat tanpa awak milik musuh.

Unit ini didukung dengan peralatan yang cukup canggih, dengan sistem kerja soft kill yang menembakkan radiasi sinar gelombang mikro berdaya tinggi dari sebuah piringan ke arah drone milik musuh.

Semua perlengkapan tersebut ditempatkan dalam sebuah truk kontainer yang dilengkapi pembangkit daya, pos kendali, piringan pengarah kendali, dan radar pendeteksi.

Untuk mendeteksi keberadaan drone musuh, Phaser menggunakan sistem radar MPQ-64 Sentinel yang juga digunakan sebagai sistem pertahanan udara NASAMS. Sistem radar ini mampu mendeteksi keberadaan drone musuh sejauh 40 km.

sumber : popular mechanics

Tinggalkan komentar