Lagi, Su-33 Rusia Jatuh Kelaut Akibat Kerusakan Tali Pengait Pendaratan

Sebuah pesawat tempur multiperan yang berbasis dikapal induk, Su-33 terjatuh ke dalam laut saat akan mendarat di dek penerbangan Admiral Kuznetsov. Su-33 tercebur ke laut setelah melakukan dua kali usaha pendaratan di atas kapal induk yang sebenarnya dalam keadaan cuaca yang baik.

Menurut laporan, tampaknya penyebab jatuhnya Su-33 akibat kegagalan kabel penangkap pendaratan menangkap kait pada ekor Su-33. Sumber yang lain menyatakan penyebab jatuhnya Su-33 akibat tali pengait pendaratan putus. Pilot berhasil eject keluar dan dijemput oleh helikopter SAR Angkatan Laut Rusia.

Mirip dengan kasus serupa pada 14 November, saat MiG-29K jatuh ke laut saat akan melakukan pendaratan diatas kapal induk. MiG-29K tidak bisa mendarat dan kehabisan bahan bakar akibat putusnya beberapa tali penangkap pendaratan.

Jatuhnya Su-33 merupakan kerugian besar kedua bagi resimen udara Admiral Kuznetsov dalam waktu kurang dari tiga minggu dan menjadi pukulan berat bagi Angkatan Laut Rusia selama melakukan operasi penyebarannya di Suriah.