F-16 Singapura Jajal Su-30 MKI India yang Kesohor Itu

The Republik Singapura Air Force (RSAF) dan Angkatan Udara India (IAF) sedang melakukan latihan militer gabungan / Joint Military Training (JMT) di Stasiun Angkatan Udara Kalaikunda, India, dari 7 November – 8 Desember 2016. RSAF mengerahkan enam tempur pesawat F-16D + dan lebih dari 100 personil untuk berlatih dengan empat pesawat tempur Su-30 IAF di JMT tahun ini.

Menyoroti pentingnya partisipasi RSAF dalam JMT ini, Komandan Detasemen RSAF, Letnan Kolonel Stanley Selva, mengatakan, “The JMT adalah kesempatan berharga bagi kedua angkatan udara untuk berinteraksi dan berlatih bersama. Pelatihan bilateral ini tidak hanya membantu untuk meningkatkan keterampilan operasional kami, tetapi juga memperkuat hubungan dan saling pengertian antara personil dari RSAF dan IAF. ”

JMT telah berkembang selama bertahun-tahun untuk melibatkan pesawat tempur canggih dari kedua angkatan udara dan misi pelatihan tingkat tinggi seperti Dissimilar Air Combat Training and Mission-Oriented Training.

JMT menggarisbawahi hubungan pertahanan yang hangat dan lama antara Singapura dan India, yang dilakukan di bawah lingkup Perjanjian Bilateral, yang ditandatangani antara kedua angkatan udara pada tahun 2007 dan kemudian diperbarui pada tahun 2012. Dua kekuatan udara juga berinteraksi secara teratur melalui pertukaran profesional, kunjungan, dan pertukaran program.

Dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama Pertahanan yang direvisi pada bulan November 2015, kedua negara berkomitmen untuk menjajaki kerja sama pertahanan lebih lanjut dalam bidang kepentingan bersama, seperti kontra-terorisme dan keamanan maritim.

Reputasi pesawat tempur Su-30 MKI dan pilotnya kesohor dalam beberapa tahun belakangan ini, karena keunggulannya dalam sejumlah latihan pertempuran udara dengan angkatan udara negara lain.

Sumber : Mindef.gov.sg

Sharing

Tinggalkan komentar