Gurza M – Boat Artileri Multi-Misi

Pada 6 Desember 2016, Angkatan Bersenjata Ukraina di Odessa melakukan upacara penerimaan dua boat artileri lapis baja. Boat serang U 174 “Ackermann” dan U 175 “Berdyansk” sudah berhasil melakukan sea trial dan pengujian lainnya, termasuk uji penembakan persenjataan. Keduanya melakukan pengujian di Odessa pada 3-4 Februari 2016 dengan hasil memuaskan.

Pengujian khusus terutama untuk menilai kemampuan sistem persenjataan dan peralatan navigasi kapal, pengoperasian sistem kontrol penembakan canon otomatis 30 mm dan kekuatan mesin utama dalam mengarungi laut dengan ombak besar. Pada berbagai tahap pengujian, “Ackermann” dan “Berdyansk” mampu beroperasi penuh selama 5 hari, bahkan dalam kondisi cuaca badai, boat tetap menunjukkan kinerja kecepatan yang baik.

Meski berukuran kecil, boat artileri memeliki persenjataan yang terbilang lengkap. Dilengkapi dua modul persenjataan remote control system “Katran-M”. Setiap modul “Katran-M” terdiri dari meriam otomatis ZTM-1 kaliber 30 mm, peluncur granat otomatis 30 mm, senapan mesin 7.62mm dan dua peluncur rudal anti tank “Barrier” dengan sistem pemandu laser. Boat artileri menggunakan sistem kontrol penembakan elektro-optik “Owl” dan juga dilengkapi sistem rudal pertahanan udara portabel.

Spesifikasi lain boat artileri Gurza-M class
Berat – 50,7 ton
Panjang – 23 m
Lebar – 4,8 m
Draught – 1 m
Mesin – dua mesin diesel CAT 3406E Caterpillar 2.000 HP
Kecepatan maksimum – 28 knot
Kecepatan ekonomis – 11 knot
Daya jelajah – 700 mil
Daya tahan operasi – 5 hari
Kru – 5 orang

Boat artileri yang kecil dan lincah sangat tepat beroperasi di daerah pesisir, sungai-sungai, dan di laut dangkal. Mengamankan obyek-obyek penting di pelabuhan dan melaksanakan misi khusus lainnya, termasuk operasi anti penyelundupan dan anti pembajakan kapal.

JakartaGreater