F-15SA, Pesawat Tempur Tercanggih Lawan Berat Su-35

Arab Saudi baru saja menerima pengiriman batch pertama yang terdiri dari empat pesawat tempur F-15SA (Saudi Advance). Varian khusus pesanan negara Arab Saudi ini tergolong F-15 paling canggih yang pernah dibangun. Selain dipenuhi beragam perangkat elektronik termodern, kelebihan lainnya dari F-15SA adalah daya angkut persenjataannya yang luar biasa besar bila dibandingkan varian F-15 lainnya.

Arab Saudi memesan 84 F-15SA baru dan 70 kit untuk meng-upgrade armada F-15S lawasnya menjadi standar F-15SA dengan anggaran hampir US$ 29.5 milyar.

F-15SA adalah pesawat tempur dengan kemampuan luar biasa, mengupgrade beberapa bagian kunci dari F-15E Strike Eagle. Peningkatan termasuk pada sistem kontrol penerbangan penuh fly-by-wire, radar AESA APG-63V3, perangkat digital peperangan elektronik dan radar warning suite, missile launch detection system, kockpit display layar datar yang terintegrasi dengan helmet mounted display dan pod infrared search and track “Tiger Eyes”.

F-15SA dapat menggotong hampir semua persenjataan modern, dari rudal AIM-120AMRAAM, AIM-9X Sidewinder, AGM-84 SLAM-ER, AGM-88 Harms, GBU-54 / B Laser JDAM dan GBU-39 / B Small Diameter Bomb. 15SA juga dilengkapi meriam Vulcan 20 mm dengan 540 amunisi.

Dengan segala kemampuan dan persenjataannya yang sangat lengkap, F-15SA mampu berperan sebagai pesawat superioritas udara, suppression of enemy air defenses (SEAD), serangan darat secara presisi dan menghancurkan target darat musuh secara bersamaan. Seperti terlihat dalam foto diatas, dalam peran superioritas udara F-15SA bahkan mampu menggotong 8 rudal udara-ke-udara jarak jauh AIM-120AMRAAM dan 8 rudal udara-ke-udara jarak dekat AIM-9X Sidewinder, atau hampir dua kali lipat dari F-15 lainnya!.

Apalagi dengan infrared search and track system, dikombinasikan dengan radar AESA terbaru yang memiliki mode low probability intercept, advanced radar warning receiver dan data-link 16, memungkinkan F-15SA untuk berburu pesawat tempur musuh secara diam-diam namun dengan tetap mempertahankan kesadaran situasional yang tinggi.

Bisa dikatakan varian tercanggih dari F-15 ini adalah lawan sangat berat bagi pesawat tempur tercanggih Rusia, Su-35. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan mesin yang bertenaga besar, daya angkut persenjataan yang besar dan daya jelajah yang jauh. Keduanya juga dilengkapi perangkat penjejak inframerah dan avionic yang canggih.

JakartaGreater

Sharing

Tinggalkan komentar