Home » Alutsita Canggih » Ini Yang Membuat Indonesia Iri pada Vietnam

Ini Yang Membuat Indonesia Iri pada Vietnam

Kapal selam Varshavyanka keenam dan terakhir pesanan Vietnam saat ini sedang dalam pelayaran menuju Vietnam. Total Vietnam memborong enam kapal selam Improved Kilo dari Rusia dengan harga US$ 3.2 milyar.

Vietnam menandatangani perjanjian pembelian kapal selam Varshavyanka class pada 15 Desember 2009, dan dengan kedatangan enam kapal selam terbaru dari Kilo family tercanggih ini menjadikan Vietnam sebagai salah satu negara dengan kekuatan bawah laut terbesar di Asia setelah China dan India.

Varshavyanka 636.1 adalah varian ekspor dari Varshavyanka 636.3 milik Angkatan laut Rusia. Keduanya merupakan kapal selam ’Silent Killer’ yang menjadi momok menakutkan bagi armada kapal perang musuh. Varshavyanka terkenal minim suara dan getaran seperti pendahulunya – Kilo Project 877EKM sehingga dijuluki Lubang Hitam di Lautan.

Project 636,1 memiliki ukuran sedikit lebih panjang dari Project 877 untuk mengakomodir mesin diesel yang lebih kuat dan peningkatan pada bantalan peredam getaran, penambahan lapisan karet anti-akustik khusus pada permukaan lambung luar menjadikan kapal selam improved Kilo ini bukan hanya lebih kuat tapi juga lebih silent dari Kilo class seri lawas.

Varshavyanka class dilengkapi enam tabung torpedo yang dapat menembakkan torpedo diameter 533 mm, rudal anti kapal Club-S (varian ekspor) dan rudal pertahanan udara SA-N-10 Gimlet, juga kemampuan menyebarkan ranjau laut, menjadikan Improved Kilo ini bukan hanya silent tapi juga memiliki persenjataan yang lengkap dan mematikan.

JakartaGreater