Prototipe Kedua J-31 Semakin Sempurna - JakartaGreater

Prototipe Kedua J-31 Semakin Sempurna

Prototipe kedua pesawat tempur generasi kelima J-31 dengan nama PT-2 diharapkan dapat melakukan penerbangan pertama sebelum akhir tahun 2016.

J-31 prototipe kedua akan berbeda dari prototipe pertama. J-31 (PT-2) mendapatkan perubahan pada sisi aerodinamis untuk mengurangi hambatan udara pada pesawat, dan juga peningkatan pada desain stealth. Prototipe kedua juga akan mendapatkan peningkatan pada sistem avionik, diantaranya adalah penggunaan satu layar multifungsi besar di kokpit.

PT-2 juga meningkatkan ukuran kompartemen untuk penyimpanan persenjataannya, dibandingkan dengan prototipe pertama (yang hanya muat empat rudal udara-ke-udara SD-10A), kompartemen PT-2 dapat memuat enam rudal SD-10A yang kini menggunakan sirip lipat.

Hanya sayang dari segi tenaga pendorong, J-31 kemungkian masih dilengkapi dengan mesin buatan Cina (mungkin WS-13A), tetapi juga dapat menggunakan mesin RD-93 buatan Rusia seperti yang terpasang pada pesawat tempur JF-17 Thunder.

J-31 akan menggunakan radar yang cukup canggih, yakni AESA KLJ-7A yang juga ditawarkan sebagai pilihan untuk melengkapi pesawat tempur JF 17-Blok 3 Angkatan Udara Pakistan.

Prototipe pertama J-31 masih banyak memiliki kekurangan, diantaranya adalah manuver terbang dan kekuatan mesinnya yang masih lemah, bahkan selama pertunjukan udara di Zhuhai 2014, J-31 banyak mendapat kritikan tajam karena “terbang seperti batu bata” dengan afterburner yang terus dinyalakan.

J-31 merupakan pesawat tempur siluman yang dirancang dan dibangun oleh Shenyang Aircraft Corporation, dan sangat mungkin hanya dibangun sebagai pesawat tempur ekspor, meskipun AVIC optimis nantinya Angkatan Udara dan Angkatan Laut China tertarik membelinya.

Tinggalkan komentar