Amerika Serikat Setujui Penjualan AH-64E Apache

Helikopter Serang AH-64E Apache (photo: boeing)
Amerika Serikat Setujui Penjualan AH-64E Apache 1

Pemerintah Amerika Serikat menyetujui penjualan armada helikopter serang baru, AH-64 E Apache kepada TNI AD dengan nilai 500 juta USD atau sekitar Rp 4,7 triliun. Transaksi tersebut juga mencakup penjualan radar berteknologi tinggi Longbow, pelatihan dan perawatan.

“Salah satu kerjasama yang berkembang pesat antara Amerika Serikat dan Indonesia adalah perdagangan pertahanan. Saya sangat senang, untuk pertama kalinya AS setuju menjual Helikopter Serang Baru AH-64E Apache untuk Indonesia”, ujar Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel, usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro di Jakart, 26/08/2013.

“Menyediakan helikopter kelas dunia merupakan salah satu bentuk kepercayaan kami untuk membangun kemampuan militer Indonesia, tambah Chuck Hagel.

Helikopter Serang AH-64E Apache (photo: boeing)
Amerika Serikat Setujui Penjualan AH-64E Apache 2

Kini jadwal pengiriman 8 AH-64E Apache dan pelatihan kru sedang disusun pejabat kedua negara. Hagel berada di Jakarta menemui para pejabat teras pemerintah  Indonesia, sebelum menghadiri pertemuan menteri  pertahanan Asia di Brunei.  Sebelumnya  Sabtu lalu,  ia berkunjung ke Malaysia.(JKGR).

Leave a Comment