Rusia Hibahkan Pesawat Tempur dan Tank ke Serbia

Mig 29

Rusia Hibahkan Pesawat Tempur dan Tank ke Serbia 1

Rusia telah menyetujui paket bantuan senjata utama untuk Serbia, menyusul pertemuan negara di Moskow pada 21 Desember, 2016.

Bagian utama dari donasi ini merupakan enam Surplus pesawat tempur MiG-29 ‘Fulcrum’ untuk Angkatan Udara Serbia. Juga termasuk sumbangan 30 tank T-72 dan 30 kendaraan pengintai lapis baja BRDM-2.

Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyetujui sumbangan pada 21 Desember, dengan dokumen perjanjian formal ditandatangani tanggal 23 Desember.

Diskusi yang luas juga dilakukan untuk sumbangan atau penjualan sistem pertahanan udara. Serbia berharap untuk menerima Buk-M2 dan 2K22 Tunguska sistem, yang sampai saat ini tidak ada penjualan yang diselesaikan. Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan pembicaraan dengan harapan pengaturan akan dilakukan pada 2017 atau 2018, dengan harapan Serbia mendapatkan tawaran yang lebih baik dari Rusia.

Pesawat MiG-29 yang saat ini sedang dinonaktifkan oleh Angkatan Udara Rusia dan harus disampaikan ke Serbia selama tahun 2017.

Tank T-72 Rusia (Sputniknews.com)

Rusia Hibahkan Pesawat Tempur dan Tank ke Serbia 2

Sumbangan pesawat Rusia untuk Serbia mencakup satu MiG-29A (9.12A) dan tiga MiG-29s (9.13) kursi tunggal, ditambah sepasang MiG-29UB (9.51) latih, kursi ganda. Pesawat ini akan membutuhkan upgrade yang signifikan agar bisa melayani operasional Angkatan Udara Serbia sampai tahun 2030.

Pesawat ini dimaksudkan untuk memperkuat lemahnya kemampuan patroli udara Serbia. Saat ini Serbia memiliki tiga pesawat MiG-21UM kursi ganda yang dimodifikasi untuk membawa rudal udara-ke-udara R-60 ; sepasang pesawat MiG-29B kursi tunggal yang lebih-modern; dan satu-satunya MiG-29UB latih kursi ganda. Semuanya ditempatkan di Batajnica Air Base, dekat Belgrade. Serbia juga memiliki satu lagi MiG-29B yang sudah grounded di Batajnica selama bertahun-tahun.

Janes.com

Leave a Reply