Home » Alutsita Canggih » J-20 Gotong 4 Fuel Tank, Pertanda Siap Tempur ?

J-20 Gotong 4 Fuel Tank, Pertanda Siap Tempur ?

Media Cina baru-baru ini merilis video dan foto pesawat tempur siluman J-20 melakukan uji terbang dengan menggotong 4 tangki bahan bakar eksternal pada hardpoint dibawah sayap. Hal ini menunjukkan sangat mungkin misi pengujian J -20 sudah rampung.

Kini pesawat tempur siluman masa depan China memiliki kemampuan angkut persenjataan atau bahan bakar eksternal dalam jumlah besar. Meskipun akan sangat mengurangi kemampuan silumannya, namun dengan 4 tangki bahan bakar tambahan, J-20 dapat melakukan penerbangan jarak jauh 6500 km dari China Timur Laut hingga ke Amerika Serikat. Kemudian dengan empat rudal PL-15 atau PL-21 di internal weapon bay dapat menghancurkan pesawat peringatan dini AWACS dan pesawat tanker AS yang sangat vital.

Sangat mungin di masa depan J-20 akan melakukan misi tempur yang sangat beragam dan kompleks, apalagi bersamaan dengan sudah dikembangkannya rudal PL-15 atau PL-21 yang menjadikan J-20 mampu melakukan misi tempur ofensif, termasuk misi menyerang basis logistik musuh, pusat komunikasi, pesawat pengintai elektronik, pesawat angkut, pesawat tanker dan pesawat peringatan dini.