Daya Gempur Batalyon Mekanis 413/Bremoro

Yonif Mekanis 413/Bremoro (pr1v4t33r/ Defence.pk)

Batalyon Infanteri Mekanis Raider 413/Bremoro atau Yonif Mekanis 413/Bremoro merupakan Batalyon Infanteri Mekanis yang berkualifikasi Raider dan berada di bawah organik Brigif 6/Trisakti Baladaya, Kostrad yang bermarkas di Jalan Raya Solo – Tawangmangu, Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah. Yonif 413/Bremoro berdiri 1 Agustus 1965.

Yonif Mekanis 413/Bremoro kini diperkuat oleh IFV Marder dan APC M113 untuk menjalankan operasi mereka.

Batalyon infanteri mekanis dapat membangun taktik serangan yang cepat dan juga memiliki daya gempur yang lebih kuat dan beragam. Kelebihan lainnya, batalyon mekanis bergerak terlindungi dari senjata soft power. Medan perang batalyon mekanis lebih ke perang kota atau urban warfare. Peperangan di areal ini lebih kompleks, karena adanya kehadiran penduduk sipil.

Batalyon mekanis juga bisa melakukan peperangan di wilayah yang terkena kontaminasi nuklir biologi dan kimia (nubika), karena IFV Marder didesain anti Nubika.

IFV Marder 1A3, Yonif Mekanis 413/Bremoro, Kostrad (PenKostard)

Dalam pergerakannya batalyon mekanis biasanya memadukan antara light tank atau IFV dengan APC, serta sejumlah kendaraan tempur pendukung. Pasukan ini biasanya dipersenjatai dengan : Senjata mesin, Kanon otomatis, howitzer kecil dan juga anti-tank guided missiles, yang biasa diangkut ke dalam kendaraan mereka. Pindad juga telah menciptakan Panser Anoa pembawa mortir ukuran besar, yang tentunya bisa digunakan oleh batalyon mekanis ini.

https://youtu.be/Cv3SBwnC1R4

Untuk melakukan peperangan yang berkelanjutan, batalyon mekanis membutuhkan suplai amunisi dan bahan bakar yang lebih banyak dan juga membutuhkan kru yang lebih banyak, terkait untuk pemeliharaan kendaraan tempur mereka, sehingga batalyon ini bisanya merekrut spesialis di bidang pemeliharaan dan perbaikan kendaraan tempur.