Rusia Percepat Kirim Su-35 Karena Takut Harganya Merosot?

Sukhoi Su-35S. (Sergey Chaikovskiy)

Rusia akhirnya menyerahkan empat pesawat tempur Sukhoi Su-35 ke China setelah tertunda dua tahun. Pengiriman yang dipercepat mungkin karena Moskow takut Su-35 nya akan merosot harga jualnya setelah militer China meluncurkan pesawat tempur siluman J-20, tulis portal berita China.

Pengiriman Su-35 dilakukan pada tanggal 25 Desember. Sejak siluman J-20 China memulai debut penerbangannya di Zhuhai Airshow, pengadaan jet tempur Su-35 kembali lancar dan dipercepat.

Beberapa pihak mengatakan ini adalah hasil dari hubungan erat antara China dan Rusia. Namun ada yang menyatakan, Rusia mempercepat ekspor dari Su-35 sebelum J-20 secara resmi siap operasional. Rusia percaya dengan mulai bergabungnya siluman J-20, Su-35 akan segera kehilangan nilainya di pasar Cina.

Media Harian PLA mengungkapkan harapan bahwa jet tempur Su-35 adalah pesawat tempur terakhir yang diimpor oleh China. Namun meski China membuat kemajuan dalam pembuatan berbagai jenis jet tempur, China masih tergantung pada Rusia untuk memasok mesin serta avionik.

Su-35 adalah versi lanjutan dari Su-30 yang dioperasikan oleh Angkatan Udara India dan merupakan salah satu pesawat tempur generasi 4 yang tercanggih.