PT Dahana Mengembangkan dan Memproduksi Bom P100 Live untuk Sukhoi TNI AU

Bom P100 Live. (Indomiliter)
Saat ini, PT Dahana (Persero) sedang mengembangkan dan memproduksi massal bom P100 Live untuk kebutuhan pesawat tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara. Direktur Teknologi & Pengembangan PT Dahana, Heri Heriswan, mengatakan bahwa pengembangan bom P100 Live tersebut merupakan salah satu upaya menghindari embargo dari luar negeri.

“Jadi kebutuhan bom untuk pesawat Sukhoi, kami buat khusus di dalam negeri,” ujar Heri, seperti dikutip pikiran-rakyat.com pada Kamis (5/1).

Lebih lanjut, Heri menjelaskan bahwa ada kemungkinan juga untuk melakukan ekspor bom P100 Live ke pasar luar negeri. “Peluang ekspor terbuka, tapi fokus kami saat ini menyelesaikan pesanan dalam negeri dulu,” katanya.

Pembuatan bom P100 Live ini menggandeng PT Sari Bahari yang lokasinya di Malang yang membuat bom pesawat Sukhoi di area Lanud Abdurahman Saleh Malang. “Casing bom P100 Live diproduksi PT Sari Bahari dan isian bahan peledak dilakukan PT Dahana di Subang,” jelas Direktur Teknologi & Pengembangan PT Dahana.

Teknologi industri pertahanan militer dalam negeri kini tak lagi didominasi dan bergantung pada luar negeri. Pemerintah memberikan dukungan kemandirian alat utama sistem persenjataan. “Sekarang kami mampu memproduksi sendiri berbagai kebutuhan militer yang sebelumnya harus diimpor. Sejauh ini, Indonesia jadi negara ketiga yang mampu memproduksi bom pesawat Sukhoi, setelah Rusia dan Bulgaria,” ujarnya.

Sumber: pikiran-rakyat.com