Cina Upgrade Destroyer Shenzhen

 

Setelah sebelunya mengupgrade fregat lapis keduanya, Angkatan Laut China juga melakukan perbaikan dan upgrade besar-besaran pada kapal perusak Type 051B Shenzhen (Luhai class). Selain untuk memperpanjang masa operasional, upgrade juga meningkatkan daya endus dan daya gedor destroyer Shenzhen.

Pada sistem radar, destroyer memiliki dua menara radar baru yang lebih besar. Di menara depan ditempatkan radar search air / surface Type 382 dan radar fire control 364 di menara belakang.

Pada persenjataan, destroyer Shenzhen menggusur peluncur 8 rudal SAM jarak pendek HQ-7 dengan peluncur VLS rudal SAM jarak menengah HQ-16. Rudal SAM HQ-16 menggunakan radar Type 345 yang ditempatkan di atas anjungan. Penginstalan 32 sel peluncur rudal HQ-16 yang memiliki jangkauan 40 km menjadikan kemampuan pertahanan udara Shenzhen meningkat 16 kali lipat.

Untuk pertahanan jarak dekat, Shenzhen mengganti empat kanon laras ganda Type 76A caliber 37 mm yang terletak diatas hanggar helikopter dengan dua canon CIWS sebelas laras Type 1130 kaliber 30 mm. Memiliki daya sembur 10.000 amunisi permenit yang menjadikan pesawat tempur, rudal jalajah dan bom presisi musuh hampir mustahil menembus perisai udara CIWS Type 1130.

Untuk persenjataan anti kapal, destroyer Shenzhen masih mengandalkan meriam utama laras ganda 100 mm dan 16 rudal anti kapal YJ-82.

JakartaGreater