Pakistan Jual JF-17 Thunder Hanya 5 Juta ?

Nigeria akhirnya menetapkan pilihan untuk mengakuisisi tiga pesawat tempur JF-17 dari Pakistan dengan biaya hanya US$ 15 juta atau US$ 5 juta untuk satu unit JF-17 Thunder.

Yang menarik adalah bagaiamana kualitas pesawat tempur dengan harga hanya 5 jutaan, sebagaimana sering ditulis dalam pemberitaan, harga termurah JF-17 atau varian Block 1 adalah sekitar US$ 15 juta.

Pakistan dan China memang membangun JF-17 dengan biaya sangat murah, menggunakan frame yang terbuat dari bahan logam bukan serat karbon komposit sebagaimana lazim digunakan pada pesawat tempur modern. Penggunaan logam biasa tersebut membatasi umur JF-17 menjadi lebih pendek dari pesawat tempur lainnya.

Harga yang murah juga didapatkan dari penggunaan avionic ‘ringan’ yang mengambil basic dari avionic pesawat tempur Chengdu J-10. Penggunaan avionic J-10 selain menghemat harga produksi secara signifikan juga sekaligus sebagai prasyarat transfer teknologi yang diinginkan Pakistan.

Sangat mungkin Nigeria akan menjadi pelanggan pertama pesawat tempur JF-17 Thunder, meski masih belum terkonfirmasi apakah pembelian tersebut pesawat tempur JF-17 baru ataukah bekas dari arsenal persenjataan Angkatan Udara Pakistan, meski dari list pembelian tertulis pesawat tempur baru.

JakartaGreater