Menko Polhukam Pastikan Kabar Jutaan TKA Ilegal Asal Tiongkok di Indonesia Adalah Hoax

Beredar kabar bahwa Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di Indonesia secara ilegal jumlahnya sudah jutaan, dibantah oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Sebelum memberikan statmen Menko Polhukam Wiranto telah lebih dulumengumpulkan sejumlah menteri dan kepala lembaga dalam rapat terbatas. Dalam kesempatan rapat terbatas itu, Wiranto menekankan pembahasan terkait isu tenaga kerja asing (TKA), khususnya dari Tiongkok yang membanjiri Indonesia.

“Hari ini kami khusus membicangkan isu tentang TKA yang datang dari Tiongkok. Jadi intinya harus dibedakan antara isu atau hoax dengan realitas. Ternyata setelah kita kumpulkan para menteri, kita pastikan ketakutan itu tidak benar. Yang seperti diperbincangkan kan puluhan juta, tapi tidak seperti itu,” ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Dia menuturkan, pihaknya terus memonitor siapa yang datang dengan kemampuan dan menggunakan dalih turis lalu kemudian kerja.

“Itu sudah ditangkap dan sebagainya (yang pura-pura jadi turis),” tegas Wiranto.

Meski demikian, pihaknya masih terus mengawasi kedatangan warga asing ke Indonesia agar tidak terjadi seperti yang diisukan selama ini.

“Tapi tetap kita sadari, kita harus terus melakukan satu peningkatan terhadap pengawasan,” pungkas Wiranto.

Hadir dalam rapat terbatas tersebut, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya, Wakil Kepala Polri, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Sumber : liputan6.com