Amerika Serikat Kirim Tank dan Kendaraan Militer ke Eropa Timur

Tank Amerika Serikat di Bremerhaven pada tahun 2015. (DPA)
Amerika Serikat telah mengirimkan sebanyak 87 tank dan 144 kendaraan militer ke Jerman. Berbagai peralatan militer beserta 3.500 tentara Amerika Serikat akan ditempatkan di sepanjang perbatasan timur NATO guna menghilangkan kekhawatiran potensi agresi Rusia di Eropa Timur.

Kedatangan peralatan dan pasukan ini menandai awal dari sebuah fase baru Operasi Atlantic Resolve Amerika Serikat. Operasi ini sebagai awalan dari keberlanjutan kehadiran brigade lapis baja Amerika Serikat di Eropa.

Pasukan baru akan berkumpul pertama kali di Polandia, kemudian menyebar di tujuh negara mulai dari Estonia hingga ke Bulgaria. Sementara, unit kantor pusat akan ditempatkan di Jerman.

Sejumlah pihak menilai jumlah tentara dan peralatan militer yang begitu besar dapat memperburuk ketegangan dengan Moskow. Para pemimpin sayap kiri daerah Brandenburg telah menyerukan pembicaraan lebih lanjut dengan Rusia. Bradenburg merupakan salah satu wilayah Jerman yang akan ditempati oleh tentara Amerika Serikat dalam dua minggu ke depan.

Sumber: Sindo News