Rusia Ungkap Helikopter Tempur Tercanggih Mi-28NM

Lengkap dengan berbagai solusi teknologi mutakhir, versi upgrade dari helikopter tempur Mi-28NM, Rusia tidak kekurangan pesawat tempur utama, demikian kata Alexander Mikheyev, Direktur Umum Russian Helicopters Holding.

“Tahun lalu secara signifikan terjadi peningkatan sejumlah terobosan besar dalam program pengembangan helikopter. Upgrade Mi-28N telah melakukan penerbangan perdana”, kata Mikheyev.

“Teknologi inovatif dan solusi diimplementasikan dalam desain helikopter itu, tidak hanya meningkatkan karakteristik, tetapi juga membuat Mi-28NM sebagai kendaraan tempur yang hampir sempurna”, tulis Mikheyev dalam pesan tahun barunya di jurnal Russian Helicopters Holding.

Menyinggung tentang modernisasi helikopter, Mikheyev secara khusus menyebutkan kokpit Mi-28NM ini.

Kokpit telah diupgrade, “sehingga komandan dan pilot yang mengoperasikan dapat menerima informasi lebih lanjut tentang lingkungan dan semua sistem helikopter dalam format yang lebih mudah diakses, sehingga akan meningkatkan kesadaran situasional kru, memfasilitasi interaksi dan meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan dalam situasi pertempuran yang kompleks”.

Mi-28NM juga menawarkan gear onboard yang digunakan untuk mengontrol kecepatan, melakukan drift serta mengatur sudut ketinggian. Ini berarti bahwa rotor tidak dapat dicampakkan bahkan jika terjadi kegagalan sistem navigasi.

Mi-28NM dilengkapi dengan radar 360 derajat baru dan sistem pengendalian tembakan canggih yang menjamin akuisisi target dapat dilakukan lebih cepat dan memungkinkan penggunaan senjata presisi berpemandu.

Baling-baling terbuat dari bahan komposit sehingga menjamin pendaratan yang aman bahkan jika terkena tembakan peluru 30 mm.

Kokpit sepenuhnya berlapis baja dan mampu melindungi kru terhadap peluru armor-piercing dan proyektil hingga kaliber 20 mm.

Mi-28NM telah melakukan penerbangan perdananya pada bulan Oktober 2016.

Sumber: Sputnik News