Sanggupkah F-16 atau F-18 Bertahan Tanpa F-35 ?

Secanggih apapun F-16 dan F-18 Super Hornet tidak akan dapat menggantikan F-35. Hal tersebut diungkapkan BrigJend. Scott Pleus yang pernah menerbangkan F-16 dan F-35.

“Anda tidak bisa terbang dengan F-16 dan membuatnya tidak terdeteksi,” katanya. Menurutnya pesawat sudah memiliki bentuk yang tetap dan tidak akan bisa dirubah.

“F-18 memiliki radar cross section dan anda tidak dapat mengubah itu,” tambahnya “Teknologi jejak yang rendah, kemampuan untuk menghindari radar adalah sesuatu yang harus dirancang ke dalam pesawat sejak awal.”

“Idenya adalah F-35 dikembangkan untuk pergi ke daerah yang sangat menantang, menghadapi ancaman udara-ke-udara dan ancaman permukaan-ke-udara dan menjatuhkan bom-nya, menghancurkan target yang sudah ditetapkan dan kemudian pulang ke pangkalan dan itu adalah seluruh paket generasi kelima, “katanya.

Jelas, F-35 memiliki kemampuan stealth dimana F-16 dan F-18 tidak akan pernah memilikinya. Mampu masuk ke wilayah udara musuh, menjatuhkan bom dan pergi tanpa terdeteksi sangat penting, dimana secara teori F-35 mampu melakukannya.

Dengan pertahanan udara musuh yang semakin modern dan kuat, maka akan timbul pertanyaan. Masih layakkah F-16 atau F-18 bertahan cukup lama di teater perang modern di masa depan ?

Sofrep.com