Foto Adegan Dogfight F-16 Melawan Su-27 di Area 51

Anda yang tinggal di Amerika Serikat, mungkin tidak akan pernah melihat adegan Su-27 Flanker melakukan dogfight dengan F-16, kecuali anda berkunjung ke Area 51. Berikut adalah beberapa foto yang diambil pada 8 November 2016 didekat Groom Lake, saat pemilu AS.

Meskipun kualitas gambarnya rendah (kedua pesawat tersebut terbang antara 20.000 hingga 30.000 kaki), hal ini sangat menarik karena Flanker yang beroperasi dari Groom sudah bukan rahasia lagi (mereka telah muncul sejak 2003-2004 dan baru-baru ini antara tahun 2012 dan 2014).

F-16 (bawah) dan Su-27 terbang di bagian atas, dimana keduanya terbang dengan arah berlawanan.

Kedua pesawat bergerak saling mendekat

Kedua jet tempur itu terbang saling silang, dibagian atas ada Su-27 dan dibagian bawah adalah F-16.

Dua jet tempur itu terus bergerak mencoba untuk menemukan lawannya yang sama-sama berada pada arah pukul 6.

“Saat itu aku langsung mengetahui bahwa itu adalah Sukhoi 27 Flanker buatan Rusia, namun tidak ada lambang negara Rusia ataupun tanda kenegaraan lainnya. Aku langsung mengambil kamera dan memotret pertarungan udara berikutnya antara Su-27 Flanker dan F-16. Sortie tampak terlihat dari kepala di intercept, dilakukan pada ketinggian antara 20.000 hingga 30.000 kaki, dan setelah selesai mencegat dalam pertempuran udara keduanya berputar dan melintas saling melewati satu sama lain. Su-27 Flanker dengan kemampuan manuver menjadi sangat menarik karena mampu bergerak dengan cepat dan balik mengejar F-16 yang ada dibelakangnya”, menurut Phil Drake.

Phil Drake menyaksikan dengan kagum sepasang jet tempur itu selama 25 menit sebelum kedua pesawat itu naik lebih tinggi dan terbang kembali ke wilayah udara Groom Lake.

Apa sebenarnya yang mereka uji saat itu, sulit untuk dikatakan. Kita bahkan tidak bisa memastikan bahwa Su-27 Flanker tersebut adalah salah satu dari pesawat yang dilaporkan telah diterbangkan dari Groom atau sebuah pesawat yang di sewa untuk melakukan semacam ujicoba. Jadi semua masih murni sebatas spekulasi.

Sumber: Aviationist