Brigade Lapis Baja AS Tiba di Eropa Untuk Membuat Jera Rusia

Ratusan tank dan kendaraan milik brigade lapis baja AS telah tiba di Jerman pada hari Jumat (06/01/2017) dalam rangka perjalanan mereka ke Polandia. Penyebaran Brigade Tempur Ketiga Lapis Baja AS sebagai sinyal pada komitmen Washington untuk mempertahankan NATO bagian timur.

Militer AS, pada hari Minggu (08/01/2017) telah membongkar ratusan tank, truk dan peralatan militer di pelabuhan utara Jerman Bremerhaven sebagai bagian dari membangun pertahanan untuk mencegah Rusia dan meyakinkan sekutu NATO Eropa Timur.

“Biarkan saya perjelas: Ini adalah salah satu bagian dari upaya kami untuk menghalangi agresi Rusia, menjamin integritas wilayah sekutu kami dan mempertahankan Eropa yang utuh, bebas, makmur, dan damai”, kata Wakil Kepala Komando AS untuk Eropa Letjend. Tim Ray, dalam sambutannya di Bremerhaven.

Bagian pertama dari peralatan Brigade Tempur Ketiga Lapis Baja dan Divisi Infanteri Keempat telah diturunkan dari kapal di Bremerhaven, pada hari Jumat, sementara pasukan tempur mulai berdatangan pada akhir pekan di Polandia.

AS pada akhir tahun lalu mengumumkan akan mengirim Brigade Tempur Ketiga, pasokan pra-posisi berikut peralatan tempur ke Eropa Timur serta menyediakan pasukan yang akan di rotasi setiap sembilan bulan.

Sekitar 3.500 tentara, 87 tank, 18 howitzer; 419 humvee, 144 kendaraan tempur Bradley, 446 kendaraan berantai, 907 kendaraan beroda, dan 650 trailer dilibatkan dalam penyebaran brigade tersebut.

Bremerhaven adalah titik logistik sentral dimana peralatan akan disebar ke daerah dan kantor pusat di Polandia. Pada awal Februari 2017, unit akan didistribusikan dari Polandia ke seluruh wilayah, termasuk negara-negara Baltik, Rumania dan Bulgaria. Satu Resimen Lapis Baja juga akan berbasis di Grafenwohr, Jerman, untuk pelatihan dan pemeliharaan.

Militer AS dan NATO mengatakan bahwa mereka berusaha untuk meningkatkan inter-operabilitas dan kesiapan tempur untuk dapat dengan cepat merespon ancaman baru setelah pada 2014 Rusia melakukan aneksasi Krimea dan peperangan hibrid Moskow di timur Ukraina.

Anggota NATO seperti Lithuania, Estonia dan Latvia secara khusus khawatir bahwa Rusia bisa melakukan intervensi secara langsung maupun tidak langsung di negara-negara mereka seperti yang Moskow lakukan di Ukraina. Penyebaran terjadi kurang dari dua minggu sebelum Donald Trump mengambil alih Gedung Putih sebagai presiden AS. Komentar ramah Trump kepada Rusia dan mempertanyaan NATO telah menyebabkan kekhawatiran di antara para anggota NATO di Eropa Timur.

Jerman, Kanada dan Inggris juga mengirim batalion rotasi untuk Estonia, Latvia dan Lithuania.

Ray mengatakan penyebaran Brigade Tempur Lapis Baja merupakan bagian dari kekuatan pencegah yang lebih besar, termasuk peralatan di luar angkasa, dunia maya, udara dan laut.

Dia menambahkan bahwa hampir 70.000 tentara AS ada di Eropa dan beradaptasi dengan realitas strategis baru, termasuk agresi Rusia, migrasi dan radikalisme ISIS.

Brigade Tempur Ketiga akan berpartisipasi dalam beberapa misi pelatihan dengan sekutu NATO, termasuk latihan tempur besar-besaran Saber Guardian ke-17 NATO yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2017 di wilayah Laut Hitam. Selanjutnya mereka akan digantikan oleh brigade baru pada September mendatang.

Sumber: Deutsche Welle Radio Jerman