USS Mahan Beri Tembakan Peringatan bagi Kapal Perang Iran di Selat Hormutz

USS Mahan (DDG 72). (wikimedia.org)
Kapal perang Amerika Serikat, USS Mahan, dikabarkan melakukan setidaknya tiga kali tembakan peringatan kepada empat kapal perang Iran di Selat Hormutz. Saat itu, kapal perang Iran hanya berjarak sekitar 800 meter dari USS Mahan yang sedang mengawal dua kapal militer Amerika Serikat lainnya.

Para pejabat yang berbicara dalam kondisi anonimitas menjelaskan bahwa USS Mahan sudah berusaha melakukan komunikasi radio dengan kapal Iran sebelum melepaskan tembakan. Akan tetapi, kapal Iran itu tidak menanggapi dan justru mempertanyakan permintaan USS Mahan untuk memperlambat kecepatan.

“USS Mahan melepaskan tembakan peringatan dan helikopter milik Angkatan Laut Amerika Serikat juga melepaskan bom asap sebelum tembakan peringatan dilepaskan,” kata kedua pejabat itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Sindo News pada Selasa (10/1).

Hingga saat ini, Garda Revolusi Iran (IRGC) belum memberikan pernyataan apapun mengenai insiden tersebut. Insiden ini sendiri terjadi sepekan jelang pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat. Pada bulan September lalu, Trump berjanji akan menenggelamkan setiap kapal Iran yang melecehkan kapal perang Amerika Serikat.

Sumber: Sindo News