Angkatan Udara Rusia Akan Terima T-50 PAKFA Akhir 2017

Sukhoi T-50, purwarupa jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia. © Alex Beltyukov via Wikimedia Commons

Angkatan Udara Rusia (VKS) telah mengumumkan bahwa mereka akan menerima kiriman 5 unit pertama pesawat tempur generasi kelima Sukhoi T-50 PAKFA akhir tahun ini.

Meskipun Angkatan Udara Rusia pada saat pengumuman tanggal 6 Januari tidak menyatakan secara langsung, namun langkah itu akan menandai akhir dari program ujicoba yang dilakukan perusahaan pada pesawat Sukhoi T-50 PAKFA, dan akan segera memasuki tahap Program ujicoba negara yang akan dilakukan oleh Angkatan Udara Rusia.

Pada tahap pertama, pilot dari perusahaan telah menerbangkan Sukhoi T-50, yang nantinya akan melatih kader pilot militer, dengan melaksanakan program penerbangan tahap kedua, pengujian akan dilakukan sepenuhnya oleh pilot Angkatan Udara Rusia.

Ujicoba penerbangan awal saat ini dengan pesawat Sukhoi T-50 telah dilakukan di Gromov Flight Research Institute (LII) di Zhukovskiy. Menurut spesialis Rusia yang akrab dengan proses ini, bahwa kelima pesawat tempur Sukhoi T-50 akan ditransfer ke Pusat Uji Penerbangan di Pangkalan Angkatan Udara Chkalov yang berada di Akhtubinsk untuk melakukan program ujicoba negara.

Pelaksanaan transfer Sukhoi T-50 PAKFA ke Angkatan Udara Rusia juga merupakan pertanda bahwa selanjutnya akan memasuki tahap kontrak Sukhoi T-50 PAKFA serta tahap produksi massal.

Sumber: IHS Jane