Presiden Telah Kantongi Nama Pengganti KSAU

Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, KASAU Marsekal TNI Agus Supriatna meninjau alutsista yang digunakan dalam puncak Latihan Tempur Angkasa Yudha 2016 di Natuna, Kepulauan Riau, (6/10/2016) – SETPRES

Presiden Telah Kantongi Nama Pengganti KSAU 1

Jakarta – Presiden Joko Widodo sudah mengantongi nama calon Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) mengantikan Marsekal TNI Agus Supriatna yang akan memasuki purnatugas akhir Januari ini.

“Sudah (diputuskan) tapi siapa yang akan dilantik, saya belum tahu,” ujar Juru Bicara Presiden Johan Budi, seusai rapat terbatas (ratas) mengenai sinkronisasi gelar TNI dengan pembangunan nasional di Kantor Presiden Jakarta, Kamis.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah mengajukan tiga nama calon pengganti KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Presiden Joko Widodo, karena Agus akan segera pensiun pada akhir bulan ini.

Tiga nama itu adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Marsekal Madya (Marsdya) TNI Hadi Tjahjanto, Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Marsdya TNI Bagus Puruhito dan Wakil KSAU Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja.

“Usulan sudah diterima Presiden. Nah, presiden sepertinya sudah menunjuk, tapi, kalau ditanya kapan pelantikannya, saya belum tahu,” tambah Johan.

Johan pun mengaku belum tahu kapan pelantikan KSAU yang baru. “Waktu pelantikan) saya cek lagi,” ucap Johan.

Sedangkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan bahwa calon KSAU harus disesuaikan dengan postur TNI saat ini.

“Apa yang disampaikan panglima TNI mengenai pengusulan tiga nama tersebut sudah diterima presiden, dan presiden tentunya sedang melihat, mengevaluasi, menilai kebutuhan KSAU untuk postur TNI saat ini sehingga dengan demikian siapapun yang dipilih presiden nanti akan diumumkan segera, karena akhir Januari ini KSAU sudah pensiun,” ujar Pramono.

Marsekal TNI Agus Supriatna dilantik menjadi KSAU oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Januari 2015. Sebelumnya, Agus menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Wakil Inspektorat Jenderal Mabes TNI, dan Kepala Staf Umum TNI.

Antara

Leave a Reply