White Paper Tiongkok untuk Asia Pasifik

China Xinhua News @XHNews

Beijing – Tiongkok meneguhkan posisi dan komitmennya terhadap berbagai isu dan perkembangan di Asia Pasifik, sebagai bentuk tanggung jawab negara itu menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan tersebut, dan global bersama negara-negara lainnya.

“Tiongkok siap melaksanakan tanggung jawab bersama negara lainnya untuk menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di Asia Pasifik dan global,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Liu Zhenmin mengawali penjelasannya tentang penerbitan dokumen atau “kertas putih” berjudul “Kebijakan Tiongkok terkait Kerja Sama Keamanan di Asia Pasifik”, di Beijing, Rabu petang.

Ia mengatakan Tiongkok akan meningkatkan kerja sama keamanan dengan negara-negara di Asia Pasifik, antara lain dalam bentuk pertukaran perwira dan kerja sama militer.

Sejalan dengan itu, Tiongkok juga akan membangun kekuatan pertahanan nasionalnya untuk mendukung peran Tiongkok dalam menjaga stabilitas dan keamanan di Asia Pasifik serta global.

Dalam “kertas putih” yang terdiri atas enam bab tersebut ditegaskan keamanan dan pembangunan adalah dua hal penting yang menjadi tugas strategis dalam modernsasi Tiongkok ke depan, dengan tetap mengembangkan kebangkitan damai.

Pembangunan angkatan bersenjata Tiongkok dilakukan untuk membangun negara tersebut dan berkontribusi terhadap stabilitas keamanan dan perdamaian regional dan global.

Pada “kertas putih” tersebut dijelaskan rinci posisi dan komitmen Tiongkok tentang beragam isu yang menimbulkan ketegangan antarnegara di Asia Pasifik, mulai dari klaim tumpang tindih kawasan perairan, seperti di Laut China Selatan dan Laut China Timur, penetapan ruang udara hingga kawasan bebas nuklir di Semenanjung Korea.

Atas beragam isu keamanan tersebut, Tiongkok menegaskan bahwa pihaknya mengajak semua pihak untuk mengedepankan penyelesaian konstruktif melalui mekanisme dialog.

“Tiongkok mengajak semua pihak untuk tidak kembali kepada mentalitas perang dingin, namun dengan dinamika saat ini semua negara baik besar maupun kecil, hendaknya bersama-sama memperkuat solidaritas, dan kerja sama meningkatkan sistem keamanan regional untuk membangun jalan keamanan di Asia Pasfik yang lebih baru dan baik,” kata Liu Zhenmin.

Pada “kertas putih” tersebut dijabarkan pula hubungan dan kerja sama Tiongkok dengan Amerika Serikat, Federasi Rusia, India, ASEAN serta langkah-langkah yang telah Tiongkok diambil bersama masing-masing pihak untuk menyelaraskan segala perbedaan pandang, terkait isu-isu keamanan di Asia Pasifik.

Dalam bab akhir, ditegaskan kebangkitan Tiongkok untuk mewujudkan “China Dream”, akan membawa peluang dan kentungan besar bagi kerja sama dan pembangunan di kawasan Asia Pasifik. Tiongkok siap bersama-sama negara lainnya untuk bersama membangun kerja sama yang saling menguntungkan, termasuk dalam kerja sama keamanan, menciptakan tata hubungan internasional baru untuk masa depan kawasan yang lebih baik.

Antara