Slovakia Pertimbangkan Sewa Pesawat Tempur Gripen

Slovakia sedang mempertimbangkan tawaran sewa pesawat tempur Gripen dari Swedia, ungkap Menteri Pertahanan Swedia Peter Gajdos. Bukan hanya dari Swedia, Slovakia juga mendapat tawaran pesawat tempur dari beberapa produsen yang masih dipertimbangkan Slovakia.

Saat ini Slovakia hanya diperkuat 12 pesawat tempur MiG-29 buatan Rusia yang sudah tua, pada tahun 2005 MiG-29 Slovakia menjalani modernisasi untuk memperpanjang usia hidupnya.

Menurut Menteri Peter Gajdos, Slovakia masih menganalisa dan masih mendiskusikannya dengan Kementerian Keuangan terkait kesediaan anggaran. Setelah itu Kementerian Pertahanan akan mengajukan proposal untuk mendapatkan persetujuan pemerintah.

Beberapa waktu lalu Kementerian Pertahanan Slovakia mengadakan pembicaraan kemungkinan sewa pesawat tempur Gripen dengan produsen Saab, dan pada bulan September Pemerintah Slovakia memperpanjang mandat Kementerian Pertahanan untuk bernegosiasi dengan pemasok lain untuk mendapatkan harga yang terbaik. Menurut Gajdos setidaknya butuh waktu beberapa bulan bagi Slovakia untuk menentukan pilihan.

Pemerintah Slovakia pada bulan Desember menyetujui perjanjian “Joint Sky” dengan Republik Ceko yang memiliki 14 pesawat tempur Saab Gripen. Kesepakatan itu berarti dua negara bisa saling membantu melindungi ruang udara masing-masing di luar kerja sama pertahanan udara bersama NATO. Jika Slovakia akhirnya memilih pesawat tempur Gripen, kedua negara juga bisa berbagi pemeliharaan dan pelatihan pilot.

Reuters