Su-35 yang Hampir Mustahil Dijatuhkan

Foto : https://twitter.com/hashtag/35

Pesawat tempur terbaik Rusia, Su-35 dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik Fly-By-Wire canggih, sistem yang sangat membantu kinerja pilot dan menghindarkan pesawat dari kerusakan atau kehancuran.

Menurut AusairPower, Rusia sudah mengembangkan sistem fly-by-wire sejak tahun 1971 pada pesawat pembom T-4, dan diinstalkan pertama kali pada pesawat tempur Su-27.

Sebelumnya pada pesawat tempur lawas yang belum dilengkapi fly-by-wire, pilot sangat mengandalkan kekuatan otot untuk mengoperasikan stik kontrol, yang secara langsung menggerakkan sistem hidrolik pada sayap-sayap pesawat.

Sedangkan pada sistem fly-by-wire, sistem elektrik menggantikan beban kerja pilot. Saat pilot menggerakkan pedal gas dan stik kontrol pesawat, sistem mengirimkan sinyal ke komputer kontrol penerbangan. Komputer kemudian menggerakkan sistem hidrolik yang akan menghasilkan gerakan pesawat sesuai dengan keinginan pilot.

Sistem fly-by-wire sangat membantu kinerja pilot karena pergerakan stik kontrol dan pedal gas yang sangat ringan karena tarikan stik kotrol tidak langsung menggerakkan sistem hidrolik yang sangat berat.

Sistem fly-by-wire dengan komputer kontrol penerbangannya juga bisa mencegah pergerakan pesawat diluar pengoperasian sistem, seperti pergerakan stik yang tidak sengaja dilakukan pilot, termasuk menjaga stabilitas dan ketinggian pesawat, menghindarkannya dari pergerakan pesawat yang tidak terkontrol.

https://youtu.be/4lbr82VOssA

Yang paling unik dari sistem fly-by-wire Su-35 adalah memiliki 4 kabel penghubung independen yang memiliki jalur terpisah dan berjauhan, sehingga apabila tiga kabel lainnya mengalami kerusakan (mungkin akibat tembakan musuh atau terkena pecahan rudal) satu kabel yang tersisa tetap mampu mengoperasikan Su-35 tanpa kesulitan. Menjadikan Su-35 sulit dijatuhkan meski mengalami kerusakan saat melakukan pertarungan udara.

Hanya ada satu cara bagi musuh untuk menjatuhkan Su-35 yakni menghancurkannya secara total.

Disadur dari vnexpress.net