Korps Marinir China Terima Panser Amfibi ZTL-11 8×8

Tampak NORINCO ZTL-11 dengan cat kamuflase Korps Marinir disebuah jalan dekat pangkalan militer Angkatan Laut China. (Foto: Weibo)

Gambar yang dirilis oleh forum internet berbahasa China menunjukkan panser amfibi anti-tank baru NORINCO ZTL-11 dilengkapi kanon 105 mm dicat dengan kamuflase Korps Marinir China.

Pelepasan foto-foto ini bisa menunjukkan bahwa ZTL-11 sekarang telah berada dalam pelayanan Angkatan Laut China.

ZTL-11 sudah dalam pelayanan dengan Angkatan Bersenjata China, dan pertama kali ditunjukkan ke publik bulan September 2015 pada parade militer di Beijing untuk memperingati berakhirnya Perang Dunia II di Asia.

Menurut sumber militer kepada Army Recognition, ZTL-11 didasarkan pada desain ZBD-09 yang menggunakan chassis militer 8×8. Kendaraan ini juga disebut sebagai ZTL-09, dukungan tembak kendaraan ini memiliki dengan dua buah menara serta dipersenjatai dengan kanon 105 mm. Panser ini membutuhkan 4 kru, yaitu komandan, pengemudi, penembak dan loader.

Kendaraan ini dibuat menggunakan lambung lapis baja dilas dengan tambahan modul perisai keramik. Sumber-sumber di China mengklaim bahwa lambung dan menara panser ini memberikan perlindungan terhadap tembakan amunisi penembus perisai 25 mm dibagian depan dan kebal terhadap amunisi penembus perisai 12,7 mm dibbagian sisi lain kendaraan.

Panser ZTL-11 sepenuhnya amfibi dan dilengkapi dengan sepasang propeller waterjet yang terdapat dibagian belakang sasis.

JakartaGreater

Leave a Reply