Skadron 12 TNI Angkatan Darat Terima Dua Heli AS550C3 Fennec

(Sumber gambar: tniad.mil.id)
TNI Angkatan Darat menerima dua unit heli AS550C3 Fennec dari tempat perakitannya di PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung, Jawa Barat. Helikopter single engine ini diterima oleh Skadron 12/Serbu Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat yang bermarkas di Waytuba, Lampung, pada hari Minggu (15/1) kemarin.

Kepala Program Helikopter DI, Hadi Prasongko, mengatakan bahwa kedua helikopter itu diserahterimakan lima bulan lebih awal dari rencana yang telah ditentukan sebelumnya. “Pesanan berikutnya akan diantar dalam waktu mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama DI, Budi Santoso, menjelaskan bahwa heli-heli baru ini memang bikinan luar, tapi pesanan Kementerian Pertahanan yang dirakit pihaknya memungkinkan enjinir DI memperoleh pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam perancangan sistem internalnya. Menurutnya, terkait hal ini DI berhak atas royalti dari property right – nya.

Heli AS550/5 merupakan lightweight/multipurpose helikopter untuk misi militer yang dikembangkan pabrik Eurocopter (kini Airbus Helicopter) dari basis AS350 Ecureuil. Dari ke-11 Fennec pesanan Kementerian Pertahanan untuk memperkuat pasukan udara TNI Angkatan Darat tersebut, lima unit berasal dari tipe AS550C3 (single engine) dan enam AS555AP (twin engine). TNI Angkatan Darat juga membeli satu unit tambahan dari tipe AS350B3 Ecureuil (original utility).

Rencananya, helikopter AS550C3 tersebut akan dipersenjatai dengan peluncur roket FZ219 (buatan Belgia) dan senapan mesin FN Herstal 12,7 mm (Belgia).

Skadron 12/Serbu merupakan satu dari lima kesatuan udara Puspenerbad yang dibentuk untuk misi serbuan dan mobilitas udara pasukan-pasukan TNI Angkatan Darat.

Sumber: TNI AD