F-15 Lawan Berat Su-35

Foto : port.pravda.ru

Beberapa analis militer menilai Su-35 dan F-15 adalah pesawat tempur sebanding, keduanya bisa dikatakan sebagai pesawat tempur ‘raja angkasa’ saat ini. Namun, dari pengalaman tempur F-15 harus diakui adalah penguasa angkasa sejati dengan hit kemenangan 100 pesawat berhasil dirontokkan sepanjang karir pengabdiannya.

Su-35 diklaim memiliki sejumlah keunggulan dibanding F-15, diantaranya pada perangkat sistem infrared search and track (IRST) yang mampu melacak pesawat tempur musuh yang dilengkapi teknologi siluman pada jarak hingga 50km, namun kabar terbaru F-15 kini juga akan dilengkapi dengan perangkat pod penjejak inframerah (IRST).

Keunggulan Su-35 lainnya adalah dibangun dengan menggunakan teknologi siluman, karena Su-35 juga merupakan pesawat tempur uji coba beberapa teknologi siluman yang akan digunakan pada pesawat tempur generasi kelima Rusia, T-50 Pakfa. Diantaranya pada lapisan frame dan cat pesawat yang memiliki teknologi penyerap radar, membuat Su-35 konon semi-stealth atau memiliki jejak radar yang minim dibandingkan pesawat tempur generasi keempat standar. Namun, F-15 juga tidak kalah dengan diluncurkannya varian F-15 Silent Eagle yang menggunakan sebagian teknologi siluman seperti pada tempat penyimpanan senjata yang disembunyikan didalam pesawat.

Keunggulan lainnya pada Su-35 adalah powernya yang kuat hingga mampu menggotong persenjataan seberat 7.7 ton dengan 12 cantelan dibawah sayap dan badan, dimana 6 ton diantaranya merupakan persenjataan serang darat, yang menjadikan Su-35 benar-benar pesawat tempur multiperan dengan kemampuan serang udara dan darat yang mumpuni. Namun, AS juga akan meluncurkan F-15 yang dilengkapi 9 cantelan persenjataan dengan total 16 rudal yang sebagian besar rudal udara-ke-udara AIM 120 AMRAAM, menjadikan F-15 lebih berperan sebagai superioritas udara sejati.

Satu kelebihan lain Su-35 yang tidak dimiliki F-15 adalah mesin dengan daya dorong vectoring (TVC) dan rudal K-77M dan rudal ‘sakti’ R-37M. Kanlpot Su-35 dengan kelebihan TVC membuatnya lebih lincah dalan bermanuver yang sangat dibutuhkan dalam pertarungan jarak dekat, sedangkan rudal udara-ke-udara jarak jauh R-37M dan K-77M membuat Su-35 lebih mengungguli persenjataan udara-ke-udara yang dimiliki F-15 karena hanya mengandalkan AIM-120 AMRAAM yang berdaya jangkau 160 km.

JakartaGreater